Hadirilah Rabab Pasisia Mul Kampai di Acara Yayasan Panyambuang Lidah di Batuji – WartaKepri
73 views

Hadirilah Rabab Pasisia Mul Kampai di Acara Yayasan Panyambuang Lidah di Batuji

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Musra Dahrizal Rajo Mangkuto yang akrab disapa Mak Katik salah satu merupakan seorang budayawan, seniman dan pengajar Indonesia. Ia dikenal sebagai pemerhati budaya dan adat Minangkabau. Akan hadir di Kota Batam di acara Yayasan Panyambuang Lidah di Palanta Kadai Tek Kasi Batuaji, pada Sabtu (21/9/2019) malam.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian orang Minangkabau yang ada di Batam dengan tema ” Mengumpuan nan Taserak Nanjapuik nan Tingga”.

Ketua Yayasan Panyambuang Lidah Zulfahmi, mengatakan, pihaknya sengaja mendatangkan mak katik, lantaran warga Batam asal minang kabau yang lahir di rantau maupun di Kota Bandar Madani tentunya kurang paham sisila adat istiadat Minangkabau.

“Jadi dengan kehadiran beliau yang budayawan dan seniman itu, tentunya bisa lebih memaham tentang adat istiadat Minangkabau,”ujar Zulfahmi, kepada Selasa (17/9/2019).

Ia mengatakan,untuk menyambut kedatangan sang budayawan Minangkabau itu pihaknya sudah rampung menyiapkan fasilitas. “Sejauh ini kita sudah siap untuk menunggu kehadiran beliau,”jelasnya.

Dalam acara penyerahan santunan orang tua asuh Minang Batam dan kajian adat dengan tema mangumpuan nan taserak, manjapuik nan tingga,kata Zul, diperkirakan warga asal Minangkabau yang ada di Batam mencapai ribuan.

“Ya kita estimasi ada ribuan warga Batam yang ikut menghadiri acara tersebut,” tutupnya.

Zul juga menghimbau kepada masyarakat Batam agar dapat meluangkan waktu untuk datang ke kajian adat dan pemaparan dari Mak Katik.

” Ayo warga Batam ramai kan acara ini,” himbaunya.

Dan juga dihibur oleh Rabab Pasisia Mul Kampai Gruop. Kemudian ditambah oleh pengawas yayasan panyambuang lidah Urang Minamg Rudi Sakyakirti sangat mengharapkan para tokoh, alim ulama, cadiak pandai, niniak mamak dan urang sumando mari kita satukan suara dan tujuan ke depannya minang kompak.

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA