Bupati Karimun Resmikan Gedung Pertemuan RSUD dan Launching Aplikasi SIBORDI dan Sipencet



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Bertempat di Gedung Pertemuan RSUD HM. Sani yang diresmikan oleh Bupati Karimun H. Aunur Rafiq yang turut didampingi oleh wakil bupati dan ketua DPRD Kabupaten Karimun, M. Yusuf Sirat, melakukan penandatangan batu prasasti sekaligus pemotongan tumpeng, pada selasa (8/10/2019).

Pada kegiatan menyambut Hari ulang tahun (HUT) Kabupaten karimun yang ke – 20 tahun 2019, dan juga HUT Rumah sakit umum daerah (RSUD) HM. Sani, sekaligus melaunching aplikasi sistem informasi laboratorium dan radioligi (SIBORDI), dan sistem pendaftaran cepat dan tepat (SIPENCET), dengan motto “Rumah sakit yang unggul melalui pelayanan terintegrasi, penuh inovasi dan berbasis teknologi”.

Seusai meresmikan Gedung Pertemuan yang mulai dilakukan pengerjaannya pada bulan september tahun 2018 lalu, Orang nomor wahid dijajaran pemkab karimun, H. Aunur rafiq menyampaikan ucapan terimakasih kepada Direktur beserta seluruh keluarga besar RSUD HM. Sani, dimana telah melakukan upaya-upaya peningkatan saran dan prasarana pelayanan.

“Termasuk pada hari ini launching  aplikasi sistem informasi laboratorium dan radioligi sibordi dan sistem pendaftaran cepat dan tepat atau sipencet,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati yang akan mencalonkan kembali pada Pilkada tahun 2020 mendatang ini mengatakan, dimana aplikasi sistem informasi laboratorium dan radioligi atau sibordi yang dimiliki oleh pasien tersebut dapat diakses oleh para dokter pada Poli-poli, dan apabila pasien berobat dapat dibuka datanya, rekam medik dari pada pasien itu dengan cepat.

“Jadi tidak perlu harus berulang-ulang, kecuali memang harus dilakukan cek labor lagi atau dilakukan rontgen, tapi kalau ingin melihat rekam medik dari pada pasien pendahuluan itu sudah dapat dilakukan yang sudah terintegrasi dengan sistem aplikasi tersebut,” imbuhnya.

Kata Rafiq, kemudian pendaftaran dari pasien itu dipermudah dengan sistem aplikasi  pendaftaran cepat dan tepat atau sipencet tadi.
Para pasien dapat menggunakan handphone android untuk melakukan pendaftaran, yang langsung diakses dari rumah, sehingga setibanya di RSUD HM. Sani sudah mengetahui dokter yang akan menanganinya, waktu, sehingga sangat membantu para pasien itu sendiri.

“Namun tidak menutup kemungkinan untuk pasien-pasien yang memerlukan pelayanan-pelayanan yang masih menggunakan pelayanan manual,” katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, saat menyampaikan sambutannya, Direktur utama (Dirut) RSUD HM. Sani, Zulhadi dihadapan para tamu undangan memaparkan bahwa, gedung pertemuan  serbaguna yang akan diresmikan ini sudah dibangun pada tahun lalu, dan baru selesai di awal tahun 2019 ini.

Dimana gedung yang dibangun ini terdiri dari dua lantai, pada lantai pertama tersebut merupakan bangunan kantin yang Insha Allah dalam waktu dekat akan segera dioperasikan. 

“Dan pada lantai dua gedung pertemuan yang nantinya akan digunakan sebagai sarana kegiatan RSUD HM. Sani, dan sekaligus gedung ini juga dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat kabupaten karimun, dalam melaksanakan acara atau kegiatan-kegiatan” ungkapnya.

Kata Zulhadi, selain dari pada peresmian Gedung serbaguna dan juga melaunching aplikasi sistem informasi laboratorium dan radioligi (SIBORDI), dan sistem pendaftaran cepat dan tepat (SIPENCET), dengan motto “Rumah sakit yang unggul melalui pelayanan terintegrasi, penuh inovasi dan berbasis teknologi” tersebut, RSUD HM. Sani terus berbenah dan melakukan terobosan guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Telah dibuka pelayanan baru, yaitu Spesialis bedah saraf, spesialis kedokteran ginjal serta spesialis observasi perawatan, kemudian penambahan kendaraan mobil ambulan sebanyak dua unit, baik itu ambulan UGD maupun ambulan untuk kerja, penambahan ruang operasi sebanyak satu unit, lalu perluasan tempat ibadah atau Mushola dimana sebelumnya hanya menampung 30 Jemaah, sehingga sekarang sudah dapat menampung sebanyak 125 Jemaah, serta yang terakhir pembangunan Incinerator, pengelolahan limbah B3, dan limbah medis cair rumah sakit, dimana nantinya juga kan dapat digunakan pada seluruh puskesmas di seluruh kabupaten karimun,” jelasnya.(*)

Tulisan : Aziz Maulana



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA