Kepala Desa Se Anambas Ikuti Bimtek Dana Desa di Hotel Pasifik Palace Batam dari Kejaksaan



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM- Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa se Kabupaten Kepulauan Anambas ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pertanggungjawaban Keuangan Desa serta Pengadaan Barang dan Jasa di Desa, kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Pasifik Palace Batam Kepulauan Riau (Kepri). 19/11/2019.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut dilaksanakan dari tanggal 17 November hingga 20 November 2019, di ikuti oleh seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa serta Bendahara Desa.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yang diwakili oleh Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas pada tanggal 17 November yang lalu.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa Allan Henry Baskara.SH, BPKP Provinsi Kepri, Tenaga Ahli Madia Kepri, dan wacananya akan di tutup esok hari oleh Tenaga Ahli Kemendagri RI besok 20 November 2019 sekitar pukul 08.00 wib.

Tampak terlihat seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Bendahara Desa dengan serius mengikuti kegiatan Bimtek yang sedang berlangsung.

Effi Sjuhairi Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan bahwa bahwa kegiatan tersebut berdasarkan Otonomi Desa yang sesuai amanat UU no 6 tahun 2014, yang artinya bahwa memberikan kewenangan kepada Desa untuk mengatur Desanya sendri.

“Desa diwajibkan menyusun APBDes, berarti Desa harus mengikuti aturan yang mengatur tentang sistem perencanaan dan penganggaran, dimulai dari Musrenbangdes, menyusun RKPDes, menyusun APBDes, Pelaksanaan pembangunan, dan laporan pertangung jawaban Keuangan,”ucapnya.

“Penyusunan RKPDes tetap berpedoman pada RPJMDes yg telah dibuat, Kepala Desa sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan Desa, harus benar benar paham tentang sistem perencanaan dan penganggaran yang berlaku”

” Untuk itu bimbingan teknis peningkatan kapasitas kelembagaan aparatur pemerintah desa, baik itu kepala desa dan perangkat desa sangat perlu diberikan, kami berpesan, ikutilah kegiatan ini dengan serius, banyaklah bertanya agar semakin paham, begitu juga pada saat pelaksanaan APBDes, kita ada APIP ada Cabjari sebagai pihak pengawas, kalo ada yang ragu rajin lah berkoordinasi dan bertanya,”tutupnya.(Rama).



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA