Dua Tewas, Penyelundup Nekat Tabrakkan Speed Boat ke Kapal Patroli Milik Kanwil DJBC Kepri



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Insiden kecelakaan laut kembali menelan korban, kali ini  Kapal patroli Speed Boat (SB) milik Kanwil DJBC Khusus Kepri diduga dihantam dengan Speed Boat penyelundup berwarna abu-abu, di Selat Singapura, pada minggu (1/12/2019). 

Dari musibah laka laut tersebut, diduga, anak buah kapal high speed craft (HSC), dua diantaranya tewas satunya dinyatakan hilang hingga kini masih dalam pencarian tim SAR dibantu Kapal patroli Kanwil DJBC Khusus Kepri.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktur Jenderal Bea Cukai (DJBC) khusus Kepri, Agus Yulianto melalui Humas Refly Silalahi menjelaskan bahwa Satuan Tugas Patroli Laut Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau dan KPU BC Batam mendapat informasi akan adanya kegiatan penyelundupan BKC MMEA, dengan modus Ship to Ship dengan gunakan High Speed Craft di perairan selat Singapura.

“Minggu malam, berdasarkan informasi yang didapat, lebih dari empat buah HSC memasuki perairan selat Singapura, di putuskan untuk mengerahkan Satuan Tugas Speedboat untuk menjaga sekitar perairan Nongsa dan Karang Galang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Refly menuturkan tidak berselang lama kemudian, dua unit HSC terpantau mengikuti speed BC dan kemudian HSC yang berada di depan memotong jalur. Namun dapat dihindari, kemudian ketika speed BC mengamankan posisi, datang lagi satu buah HSC lain dari arah belakang menutup akses jalur speed BC dan menyebabkan body contact yang tidak dapat dihindarkan.

“Berselang tidak lama kemudian, HSC pertama tadi melakukan manuver yang membahayakan dengan berusaha menabrakkan ke speed BC, sehingga mendekati HSC untuk melakukan pemeriksaan, namun petugas BC mendapat perlawanan dengan menggunakan senjata tajam dari ABK kapal penyelundup tersebut,” pungkasnya.

Pada insiden ini, Acok sebagai tekong speed boat jatuh kelaut dan Hingga kini masih dilakukan pencarian oleh Kapal Patroli 30005 milik Kanwil DJBC Kepri beserta Tim SAR, sedangkan rekannya Baso meninggal dunia, Sedangkan SB Patroli berada di Dermaga Kanwil DJBC Khusus Kepri, Meral Karimun.(*)

Kiriman : Aziz Maulana
Foto : Humas Kanwil DJBC Khusus Kepri
Editor : Dedy Suwadha



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA