Sekda Natuna Serahkan Bantuan Kapal Pelra Untuk Masyarakat Subi



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.CO.ID –  Sebagai Bentuk Perhatian dan Komitment Pemerintah Pusat Kepada Masyarakat Pulau Terdepan NKRI di Kabupaten Natuna Provinsi Kepri.

Baru baru ini Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Sekretaris Daerah, kembali menyerahkan 1 unit Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) Hibah dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia tahun anggaran 2019 kepada Camat Subi di pelabuhan Penagi, Sabtu 30 November 2019.

Sekda Natuna, Wan Siswandi dalam kesempatan itu, mengatakan dengan adanya Kapal dengan kapasitas 35 GT ini diharapakan mampu untuk mendukung konektivitas antar daerah di seluruh wilayah Natuna lebih meningkat, sehingga masyarakat yang berada di daerah yang sangat terpencil pun dapat merasakan manfaat dari program tol laut.

“Kapal-kapal pelayaran ini ditujukan untuk mengantar barang dan orang yang hendak ke Pulau yang lain, jika menunggu kapal Pelni dan Perintis itu akan lama, karena kapal-kapal ini sudah terjadwal,” jelas Wan Siswandi usai Penyerahan Kapal kepada Warga Subi diwakili Camat Subi, di Pelabuhan Penagi, Sabtu, (30/11/2019).

Sekda mengatakan, Kapal berukuran 35 gross tonnage (GT) ini diberi nama KM Banawa Nusantara.

“Kapal ini merupakan kapal yang ke-4 setelah sebelumnya Midai, Pulau Laut dan Kelarik sudah terlebih dahulu menerima Kapal Pelra ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhungan Kabupaten Natuna, Iskandar DJ mengatakan, dengan adanya bantuan kapal Pelra untuk masyarakat Subi, tentu banyak kemudahan yang bisa dirasakan masyarakat.

Iskandar juga berharap kepada penerima bantuan kapal, agar dapat memanfaatkan kapal pelra ini sebaik-baiknya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat dan yang lebih penting agar kapal ini dirawat sehingga manfaatnya bisa lebih optimal.

Iskandar menambahkan, pihaknya terus melakukan upaya untuk meminta tambahan kapal Pelra kepada pemerintah pusat, sehingga setiap daerah atau kecamatan memiliki kapal Pelra.

” Sebelumnya Diserahkan kepada Pemda Natuna pada tahun 2018 di Sulawesi. Diterima langsung oleh Bupati Natuna Hamid Rizal. akan kita difungsikan untuk penumpang dan barang,” kata Iskandar.

KM Banawa Nusantara 52 tiba di Natuna pekan lalu. Dilengkapi sejumlah fasilitas seperti, Navigasi, Kompas, GPS, dan alat keselamatan life jacket.

“Kapal baru ini datang ke Natuna seminggu yang lalu. Udah dibuat berita acara, udah kita ditanda tangani berita acaraya, lalu diserahkan ke kecamatan Subi,” sambung Iskandar.

Sebelumnya, Natuna juga dapat hibah satu unit kapal serupa pada tahun 2017, yakni KM Banawa Nusantara 5. Kapal tersebut sudah diserahkan ke Seluan, Kecamatan Bunguran Utara.

Pihaknya juga telah mengajukan bantuan kapal pada tahun 2020. Kendati demikian, belum dipastikan apakah diakomodir atau tidak oleh Kementerian Perhubungan.

“Kita dalam usulan itu ada 7 kapal, saat ini baru terealisasi 4 buah kapal, sisanya 3 kapal lagi akan terus kita upayakan ditahun berikutnya,” pungkas Iskandar.(rky)



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA