Beredar Pesan WAG Ada Oknum DPRD Lingga Diduga Diproses Hukum Karena Candaan Membawa BOM





WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Beredar pesan berantai WAG yang berjudul ada oknum anggota DPRD Kabupaten Lingga mengaku Bawa Bom di Bandara Dabo Singkep, Kamis (5/12/2019). Berikut kutipan WA yang diterima redaksi WartaKepri.

Pada 05 Desember 2019 di Bandara Dabo Singkep, diperoleh informasi dari Andi Hendra Suryaka (Kepala Bandara Dabo Singkep) terkait Anggota DPRD Kabupaten Lingga Mengaku Bawa Bom di Bandara Dabo Singkep.

Pelaku berinitial MZ (Anggota DPRD Kabupaten Lingga) Periode 2019-2024, mantan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lingga yang akan melakukan penerbangan bersama Wings Air rute Dabo Singkep – Batam batal terbang dan diperiksa oleh petugas karena bercanda membawa bom di Bandara Dabo Singkep.

Terhadap MZ (Anggota DPRD Kabupaten Lingga) langsung dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sebagai laporan ke Inspektur Keamanan Penerbangan Kantor Otoritas Bandara Wilayah II Medan sesuai prosedur, tindakan candaan Bom serta dilakukan pemeriksaan dan diberikan surat keterangan.

Pihak Inspektur Otoritas Wilayah II akan datang untuk melakukan proses tindak lanjut, berdasarkan hasil pemeriksaan dan kemudian menetapkan status hukum bagi MZ (Anggota DPRD Kabupaten Lingga).

Canda membawa bom tersebut masuk kategori tindak pidana penerbangan sesuai peraturan perundangan penerbangan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (UU Penerbangan).

Kronologis Kejadian :

Pada 03 Desember 2019 pukul 13.15 Wib, seorang penumpang Wings Air bernama MZ.yang merupakan salah seorang Anggota DPRD Kab. Lingga pada saat melakukan Screening Check Point (SCP) terdapat benjolan pada kantong celana sebelah kanan, pada saat di tanya oleh petugas (Ridwan), MZ menyampaikan bahwa mengaku membawa bom dan pada saat ditanyakan ulang oleh petugas MZ langsung diam serta mengeluarkan isi kantong yang berupa obat pelega tenggorokan (inheller).

Setelah mengeluarkan isi dari dalam kantong, petugas pemeriksa (ridwan) langsung membawa MZ ke ruangan pemeriksaan khusus untuk dilakukan pemeriksaan terkait ucapan membawa bom oleh petugas Bandara Dabo Singkep.

Tanggapan dari Humas Polres Lingga menjelaskan bahwa Pihak polres sendiri sudah berkordinasi dengan pihak bandara tadi. Untuk kedepannya bila terjadi apa apa pihak bandara harus segera berkordinasi dengan pihak polres atau polsek agar di proses lebih lanjut.

“Itu berita memang benar, kemaren hari selasa (03/12/2019) diketahui ada yang orang bercanda membawa bom waktu di bandara, tapi setelah di periksa oleh petugas bandara tidak ditemukan apa apa,” dalam pesannya.(*)

Kiriman : Rama/Ravi
Editor : Dedy Suwadha



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA