Awal Tahun 2020 Sebanyak 38 Posyandu Usulan Warga Diresmikan, Bukti Kerja Nyata Pemko Batam

48

WARTAKEPRI.CO.ID, BATAM – Pemerintah kota Batam terus berupaya memenuhi permintaan masyarakat akan sarana kesehatan yang merakyat. Salah satunya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Karena itu Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menjawabnya dengan bukti. Hasilnya, sebanyak 38 posyandu diresmikan di awal tahun 2020 ini.

Dalam catatan kami, Walikota HMR dan Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad (HAM) secara bergantian turun meresmikan puluhan posyandu tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, Posyandu yang diresmikan kali ini adalah hasil pembangunan antara tahun 2018 – 2019 lalu.

“Sebanyak 16 posyandu dibangun tahun 2019. Selebihnya di 2018. Posyandu ini kita bangun atas permintaan warga yang disampaikan melalui Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan),” tutur Didi di Sekupang, Senin (13/1/2020).

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Selain atas usulan warga, pembangunan posyandu ini juga mempertimbangkan kebutuhan.

Penjabarannya: satu Posyandu dibuat untuk melayani 100 bayi atau balita. Meski tak sedikit posyandu yang di lingkungannya terdapat lebih dari 100 anak.

“Rasionya itu 1 banding 100. Tapi ada juga yang melayani sampai 200 bayi. Maka akan kita upayakan untuk terus menambah. Tahun ini kita akan membangun 12 posyandu lagi,” ujarnya.

Kehadiran posyandu ini penting dalam membantu kerja Puskesmas. Khususnya dalam pelayanan terhadap kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan yang dilakukan antara lain memeriksa kesehatan ibu anak, keluarga berencana, imunisasi, peningkatan gizi, dan penanggulangan diare. Pelayanan di posyandu diberikan oleh kader. ***

Sumber: Media Center Pemko Batam

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH