MenkoPolhukam: Insturksi Presiden RI Laksanakan Untuk Natuna Maju

116

WARTAKEPRI.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Moh. Mahfud MD menyampaikan bahwa pemerintah sangat serius dalam memastikan Instruksi Presiden untuk menjamin kehadiran negara di seluruh wilayah Indonesia.
.
“Terutama sekarang yang menjadi berita itu Natuna, itu akan dilaksanakan. Dari aparat-aparat pengaman pengelola kelautan itu sudah disiapkan, sudah ada instruksi agar aparat seperti Angkatan Laut, Bakamla, Pol. Air, KKP, dan sebagainya bekerja dengan sunguh-sungguh untuk mengawal laut ini,” kata Menko Polhukam usai rapat koordinasi di Kantor SKPT Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (15/1/2020).

Dirinya juga menyampaikan bahwa selain pengamanan, lingkungan masyarakatnya juga akan dibangun.

“Pembangunan itu nanti banyak, komprehensif. Misalnya kerja sama dengan UNESCO yang dirintis oleh Kementerian Luar Negeri untuk membangun Geopark di sini,” katanya.

Kemudian, Menko Mahfud menyampaikan bahwa Bappenas mau membangun pangkalan pertahanan terutama Angkatan Laut. “Sudah mulai melangkah kesitu, dan yang lain-lain. Masih banyak disini yang akan dibangun,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Plt Gubernur Kepri H Isdianto menyambut baik rencana pemerintah pusat percepatan Natuna jadi Kawasan Khusus Pariwisata dan Perikanan.

“Bisa juga kita berharap pemerintah pusat menjadikan Natuna sebagai kawasan khusus wisata, kawasan khusus perikanan atau kawasan khusus pertahanan. Intinya, semua kebijakan itu adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Isdianto di sela mendampingi Kunjungan Kerja Menko Polhukam Mahfud MD ke Natuna, Kepri, Rabu (15/1).

Menurut Isdianto, pihaknya sangat berharap seluruh daerah di Kepri mendapat mendapat support pembangunan kelautan dari pusat. Tapi dengan memulai dari Natuna, pembangunan itu juga sampai ke daerah lain. Sektor perikanan dan kelautan ini memang salah satu sumber ekonomi Kepri.

Isdianto melihat rumusan yang disiapkan untuk Natuna sangat baik. Apalagi pemerintah daerah dilibatkan dalam memajukan kawasan ini.

Yang pasti, Kepri tetap menunggu regulasi dari pusat untuk memajukan Natuna.

Mahfud ke Natuna untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo pekan lalu. Saat itu, selain bertemu dengan nelayan, Jokowi juga membagikan sertifikat tanah untuk rakyat, sekaligus menegaskan bahwa Natuna adalah bagian dari NKRI.

Jokowi juga sempat menyampaikan kepada Isdianto tentang rencana pembangunan Jembatan Batam Bintan pada tahun 2021.

Dalam kunjungan kerja ke Ranai, Natuna, Mahfud MD didampingi Menteri KP Edhy Prabowo dan Wamen ATR/BPN Surya Tjandra.

Hadir juga Deputi Bidang Koor SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Safri Burhanuddin, Deputi Bidang Polhuk Hankam Kementerian PPN/Bapennas Slamet Soedarsono, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK Sigit Hard Winarto, Dirjen Imigrasi Kemenkum dan HAM Ronny F Sompie.

Selain itu tampak hadir Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Waasrena Kasad Brigjen TNI Heru Sudarminto, Asops Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, Pangkoopsau 1 Marsda TNI M. Khairil Lubis dan Sestama Bakamla Laksda S Irawan. (rky)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN