Mirip dengan Virus SARS, Maka Antisipasi Virus Corona Bisa dengan Konsumsi Jahe Merah

10
Minum Jahe Merah. Foto Selaras

WARTAKEPRI.co.id – Meluasnya penyebaran virus corona semakin mengkhawatirkan. Bahkan, tercatat sudah 18 negara yang mengkonfirmasi terinfeksi virus corona ini. 2019-nCoV adalah coronavirus baru yang menyebabkan penyakit pernapasan parah yang mirip dengan SARS yang juga disebabkan coronavirus dan memerlukan perawatan intensif serta berpotensi fatal.

Karena itu, sangat penting untuk melakukan pencegahan agar tidak tertular virus berbahaya ini. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh guna meminimalisir potensi terinfeksi virus corona.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan, tentunya Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit. Anda perlu menerapkan pola hidup sehat serta menghindari stres agar tidak mudah terserang virus.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapinya melalui konsumsi jahe merah. Jahe merah merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat.

Penelitian yang dilakukan oleh Dugasani di tahun 2010, kandungan gingerol dan shogaol yang dimiliki jahe merah telah terbukti memiliki efek yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi penyakit yang disebabkan bakteri dan virus berbahaya.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Selain berfungsi sebagai antioksidan, tanaman rimpang bernama latin Zingiber officinale ini juga berfungsi sebagai antiemetik hingga antibakteri dan peradangan.

Dengan banyaknya zat aktif yang dapat menyembuhkan beragam penyakit, tidak heran jika jahe merah adalah tanaman herbal yang sangat populer dalam dunia medis.

Rutin konsumsi jahe merah dalam bentuk liquid atau ekstrak agar mudah dicerna tubuh. Terlebih lagi, jika dikonsumsi bersama madu. Nutrisi yang terkandung di dalam madu dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik serta dipercaya bisa menjadi obat berbagai penyakit. Maka dari itu, kombinasi jahe merah dan madu jelas dapat meningkatkan sistem imun tubuh kamu agar lebih kuat.

Selain mengonsumsi jahe merah, cara pencegahan virus corona lainnya yang bisa kamu terapkan dan disarankan oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun serta hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut saat tangan kotor.

Mencuci tangan menjadi hal yang penting karena dalam beberapa kasus penularan diprediksi terjadi ketika tangan yang menyentuh permukaan terkontaminasi oleh virus kemudian secara tidak sengaja memegang wajah.

Virus corona lalu berpindah dari tangan ke hidung atau mulut. Hindari kontak langsung dengan hewan liar dan ternak, serta menggunakan masker saat aktivitas. Agar tubuh tetapa fit, kita perlu mengonsumsi jahe merah agar daya tahan tubuh tetap kuat dan menjalani hari dengan prima.(*)

Sumber : tribunews.com

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH