Marak kekerasan Perempuan dan anak, TP-PKK Gandeng P2TP2A Kabupaten Karimun – WartaKepri
374 views

Marak kekerasan Perempuan dan anak, TP-PKK Gandeng P2TP2A Kabupaten Karimun

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, pada minggu (23/2/2020) menyambangi Tim program kelompok kerja (Pokja) PKK Desa Selat Mendaun yang berada dijalan Sulaiman Saman, guna memberikan pemahaman tentang bantuan hukum yang diberikan oleh Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

Pada pelaksanaan kegiatan yang dipusatkan di Balai pertemuan Citra Perkasa TP-PKK Pokja Desa Selat Mendaun, turut serta dihadiri oleh Camat Karimun Agung Jati Kusuma, Ketua harian Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Karimun, Indrawan, para peserta terdiri dari rapat pleno TP-PKK Kecamatan Karimun, diantaranya pengurus TP-PKK Kabupaten, dan TP-PKK Kelurahan serta anggota PKK se-Kecamatan Karimun.

Pada penyampaian materi di hadapan ratusan kader TP-PKK dengan tema Pembinaan pengurus tim pelaksana pola asuh anak dan remaja, ketua harian Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuandan Anak (P2TP2A) Kabupaten Karimun, Indrawan mengatakan bahwa, pada akhir tahun 2019 lalu, kami baru saja menangani 50 kasus, dimana yang paling banyak yaitu kasus pencabulan.

“Baik itu pelakunya sebagai anak-anak maupun korbannya sebagai anak-anak, dengan tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya mewujudkan guna meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak, serta mencegah permasalahan tentang yang berkaitan dengan kejadian sosial kaum perempuan dan anak, sehingga perlu pemahaman dan pemantapan P2TP2A,” ujarnya.

Indrawan menyebut, tidak hanya banyaknya kasus pencabulan saja, juga kasus kekerasan terhadap perempuan juga terdapat 50 kasus.

Dimana pada kasus-kasus KDRT itu banyak sekali definisinya.

“Apabila terjadi kasus kekerasan dalam rumah tangga ataupun terhadap perempuan, jangan ragu dan sungkan, boleh ibu-ibu untuk menghubungi saya pada nomor 0813-2850-8686,” katanya.

Diungkapkannya, P2TP2A sendiri memfasilitasi kebutuhan perempuan dan anak korban kekerasan dalam memenuhi hak korban yaitu hak atas kebenaran, hak atas perlindungan, hak atas keadilan, hak atas pemulihan atau pemberdayaan serta mewujudkan kesejahteraan gender dipelbagai bidang kehidupan perempuan dan anak secara menyeluruh, khususnya di Desa Selat Mendaun ini.

“Sosialisasi P2TP2A sendiri bertujuan dalam Penangananan Korban Kekerasan dan Anak, sehingga dapat mewujukam kepedulian Pemerintah Kabupaten Karimun serta mensosialiaasikan keberadaan P2TP2A, sehingga dapat lebih meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat” ujarnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua Tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Karimun, Yeni Irfaniyah menjelaskan bahwa, mendukung penuh serta menyambut baik kegiatan yang positif ini, dirinya berharap P2TP2A dapat berada sampai tingkat Kecamatan.

“P2TP2A dapat juga berada pada tingkat Kecamatan, sehingga kedepannya dalam pendampingan kasus kekerasan terhadap anak dapat lebih menjangkau oleh masyarakat,” pungkasnya.

Labih lanjut, Ibu yang memiliki satu orang putra ini menuturkan, disini hak-hak perempuan dan hak anak-anak akan diperjelas dan tidak sembarangan berbuat hal-hal yang dapat merugikan orang lain, misalnya kesewenangan suami memukul istri, orang tua memukul anak kandungnya, sehingga melalui wadah ini kita memberi pemahaman dan pencegahannya.

“Pada kegiatan yang dilaksanakan ini untuk memberikan konseling dan bantuan hukum gratis bagi warga, khususnya di Desa Selat Mendaun. Untuk itu melalui kesempatan ini saya ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya anggota PKK dan soal peran serta PKK itu sendiri, PKK bisa menjadi pihak di garda depan dalam mengatasi pelbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Camat Karimun Agung Jati Kusuma, sangat mengapresiasi pada pelaksana Pembinaan pengurus tim pelaksana pola asuh anak dan remaja Desa Selat Mendaun. Dimana dari dukungan semua pihak sehingga dapat terselenggaranya sosialisasi tersebut dengan baik.

“Kami berharap kepada Kades Selat Mendaun, agar kedepannya dapat menerapkan apa yang telah disampaikan oleh narasumber dari P2TP2A Kabupaten Karimun. Ini bisa dibuatkan Peraturan Desanya. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini semua masyarakat khususnya di Desa Selat Mendaun, dan masyarakat di Kecamatan Karimun pada umumnya, terbebas dari perilaku kekerasan dan tindakan kriminal terhadap perempuan anak sebagai generasi penerus kita semuanya,” pungkasnya.

Kiriman: Aziz Maulana

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA