Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Pimpin Langsung Penandatangan MoU

266

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna meningkatkan sekaligus memberikan pemahaman antara Polres Karimun dan Media Massa dalam rangka koordinasi dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), pada Selasa (3/3/2020) Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi memimpin langsung penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman terkait Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di ruang rapat utama (Rupatama) Mapolres Karimun.

“Dimana kesepakatan ini adalah bentuk implementasi untuk memberikan gambaran dan pedoman bagi polisi dan media dalam rangka koordinasi guna terwujudnya koordinasi dalam Keterbukaan Informasi Publik,” terang Kapolres Guntur.

Menurut Perwira asal Kota Semarang Jawa Tengah ini, kesepakatan bersama antara Polres Karimun dan juga rekan-rekan Media diantaranya meliputi pertukaran data atau informasi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

“Pertukaran data dan informasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas, dimana data dan informasi itu sendiri yang bersifat rahasia hanya dapat diberikan sesuai dengan surat permintaan tertulis dari para pihak kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

PKP HIMALAYA

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karimun, Sandi Pramosinto mengapresiasi Polres Karimun beserta jajarannya dalam menggagas dan juga menginisiasi kerjasama antara Polres Karimun dan organisasi Media massa, terkait keterbukaan informasi publik yang di kemas dalam bentuk wadah nota kesepahaman.

“MoU Polres Karimun dengan organisasi Media Massa ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Polres Karimun,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wartawan senior dari Media Batam pos ini mengungkapkan bahwa, Keterbukaan Informasi Publik tersebut tentunya sangat disambut baik guna kedepannya lebih maju lagi.

“Dimana dengan MoU ini tentu akan terjalin komunikasi dan sinergitas yang baik antara pihak Polres Karimun dengan Media Massa. Apabila nantinya terjadi permasalahan dalam pemberitaan, tentunya dapat diselesaikan dengan baik dan musyawarah,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan kegiatan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman terkait Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tersebut, berdasarkan UU no.40 tahun 1999 tentang Pers. UU no.02 tahun 2002 tentang Kepolisian, UU Penyiaran, UU KIP, Perkapolri no.12 tahun 2014 dan MoU antara Dewan Pers dengan Kapolri no.2/DP/MoU/II/2017 tentang Koordinasi dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers Dan Penegakan Hukum Terkait Penyalahgunaan Profesi Wartawan.

Penandatanganan MoU yang akan dilaksanakan dalam masa kurun waktu selama lima tahun tersebut, turut serta dihadiri oleh Wakapolres Kompol M. Chaidir beserta para Kapolsek daratan dan juga pejabat utama Polres Karimun, dengan perwakilan dari organisasi Media Massa diantaranya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karimun, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Jurnalis Karimun (JK), Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karimun, Korps Wartawan Karimun (KWK) dan Forum Wartawan Kabupaten Karimun (FWKK).

Reporter : Aziz Maulana

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel