Raih Persentase Tertinggi di Polling, Figur Haris Lambey Kokoh di Pemilih Batam Kelas Menengah

290
Haris Lambey

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Bakal calon Walikota Batam Haris Lambey mampu meraih persentase tertinggi berdasarkan hasil polling Calon Walikota Batam 2020. Dalam polling tahap dua tersebut, Haris Lambey meraih persentase sebesar 26%, melampaui raihan petahana.

Tingginya persentase pilihan yang berhasil diraih Haris Lambey tak lepas dari usaha dan keseriusan figur muda ini untuk menarik simpati masyarakat Batam. Dengan dua kali polling yang dilakukan, termasuk survei dari Research Center Media Group, Haris Lambey semakin dikenal masyarakat.

Bahkan dalam survei Top of Mind yang dilakukan selama dua pekan pada Desember 2019 lalu, nama pria kelahiran Sorong ini juga mampu berada di peringkat atas.

Hal ini membuktikan bahwa sosok Haris Lambey unggul dan kokoh di pemilih kelas menengah (poros tengah) dari kandidat lainnya. Artinya Haris Lambey sangat diterima di kalangan pemilih terdidik dan mapan, seperti; karyawan perusahaan, ASN, pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), buruh, keluarga besar TNI-Polri, dosen, guru, ibu rumah tangga (emak-emak), milenial, dan juga mahasiswa.

Ini bukan berarti Haris Lambey tidak dikenal di kalangan pemilih elite dan grass root, tetapi justru ini menunjukkan basis pemilih Haris Lambey kuat dan bisa menjadi daya ungkit elektabilitas figurnya ke depan.

Sekadar diketahui bahwa pemilih kelas menengah ini tergolong pemilih stabil, tidak mudah bergeser dan sangat rasional. Berbeda dengan pemilih kelas atas dan grass root yang cenderung labil dan oppurtunis (sesuai kepentingan atau keuntungan apa yang didapat).

“Apa yang kami capai dalam survei dan polling tersebut tak lepas dari upaya dan kerja keras kami dalam menyampaikan informasi atas program dan visi-misi dengan tepat kepada masyarakat. Artinya, sedikit banyaknya kami dapat meyakinkan pemilih kelas menengah yang berasal dari pemilih cerdas ini, bahwasanya Batam ke depan memang membutuhkan sosok baru, wajah baru, spirit baru dan harapan baru kepemimpinan Batam,” ungkap Haris Lambey, Rabu (4/3/2020).

“Mengapa demikian, agar Batam mampu bangkit dan kembali menjadi Batam yang seperti dahulu menjanjikan bagi banyak orang. Batam yang terkenal sebagai kota petro dolar (penghasil uang) dan lapangan pekerjaan terbuka luas,” kata Haris.

Dan permasalahan klasik Batam ini yang menurut Haris Lambey salah satu solusinya adalah memanfaatkan potensi geografis Batam di bidang Maritim yang belum digarap maksimal. Haris Lambey yang berbasis ilmu pelayaran maritim (AIP) kemudian menjadi polisi, menawarkan pengelolaan sektor maritim yang lebih maksimal dan optimal kepada masyarakat Batam.

Mengacu pada hasil survei dan polling tahap dua, dilansir dari WartaKepri yang menempatkan Haris Lambey dengan persentase tertinggi, narasi dan solusi yang ditawarkan Haris Lambey, menurut analisa kualitatif dari hasil polling ini dianggap rasional dan logis oleh pemilih Haris di kalangan menengah ini.

Dan ini adalah warning bagi kandidat lain, karena hampir semua kandidat pemenang Pilkada adalah mereka yang kuat di pemilih kelas menengah.

Berikut Hasil persentase Polling Tahap II (15 Januari 2020 sampai 1 Maret 2020) dengan jumlah pemilih (pembaca yang mengikuti polling) sebanyak 1.225 orang, adalah:

Haris Lambey: 26 Persen
Muhammad Rudi: 18 Persen
Johannes Tarigan : 14 Persen
Lukita Dinarsyah Tuwo: 10 Persen
Rian Erneset: 7 Persen
Amsakar Achmad: 4 Persen
Yuhendri: 3 Persen
Mustofa Widjaya 3 Persen
Iman Sutiawan 2 Persen 10.Candra Ibrahim 2 Persen
Hj Asnah 2 Persen
Diky Wijaya 2 Persen
Ruslan Ali Wasyim 2 Persen
Surya Makmur Nasution 2 Persen
Helmi Helmiton 1 Persen
Osco Olfiady 1 Persen
Zukriansyah Zulkarnain 1 Persen. (*/war)

Editor : Dedy Suwadha

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel