Percepat Penanganan Covid-19, Pemkab Karimun Gelar Rapat Bersama Forkopimda – WartaKepri.co.id
448 views

Percepat Penanganan Covid-19, Pemkab Karimun Gelar Rapat Bersama Forkopimda





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada Selasa (17/3/2020), bertempat di gedung aula RSUD HM. Sani, menggelar rapat terbatas sekaligus membentuk Satuas Tugas (Satgas), dalam penanggulangan mewabahnya Covid-19.

Pada pelaksanaan kegiatan dengan sasaran memperketat pintu masuk dan keluar di wilayah Kabupaten Karimun tersebut, turut serta dihadiri oleh Bupati Karimun, DR. H. Aunur Rafiq, Sekda Kabupaten Karimun HM. Firmansyah, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun, serta seluruh perwakilan dinas kesehatan, swasta dan instansi terkait lainnya.

“Kita menggambarkan terlebih dahulu kondisi saat ini tentang covid-19, baik tingkat Internasional, Nasional, regional dan lokal,” terang Bupati Karimun Aunur Rafiq seusai menggelar rapat.

Meskipun demikian, Bupati menyebut untuk yang lokal sendiri kita bicara tentang Kabupaten Karimun, bahwa di wilayah Kabupaten Karimun sendiri saat ini sudah ada 20 orang yang diduga terjangkit suspect corona.

“Dari 20 orang ini, yang terjangkit positif sebanyak empat, dari empat orang ini yang satunya lagi negatif dan sudah pulang, dan tiga sekarang ini sedang di isolasi untuk dilakukan pengecekan, diharapkan mudah-mudahan hasilnya negatif,” pungkasnya.

Bupati Aunur Rafiq menambahkan, sebanyak 13 orang telah dilakukan karantina rumah, dan dalam pengawasan dinas kesehatan, karena ke 13 orang ini pernah bersentuhan dengan yang di isolasi tersebut.

“Terdapat 13 orang yang mengidap suspect yang tersebar dipulau Karimun, dan empat orang dari pulau Kundur,” lanjutnya.

Dikatakannya, pada hari ini juga telah membentuk gugus tugas, intinya mengambil langkah-langkah, diantaranya melakukan pencegahan, agar masing-masing wilayah pada Kecamatan-Kecamatan hingga pada tingkat Kabupaten, mulai bekerjasama dengan dinas-dinas terkait guna mengantisipasi penyebaran covid-19 di wilayah yang tersebar di Kabupaten Karimun ini.

“Kita telah mintakan 13 Puskesmas untuk menyiapkan ruangan khusus untuk observasi awal sebelum dirujuk ke RSUD HM. Sani, sebagai rumah sakit rujukan untuk isolasi,” tambah Rafiq.

Selain itu, ungkap Rafiq juga meminta bantuannya dari medic centre, juga perusahaan-perusahaan yang memiliki fasilitas kesehatan.

“Tentunya semua ini dalam rangka bersinergis guna menanggulangi permasalahan covid-19 di wilayah Kabupaten Karimun,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu peserta rapat perwakilan dari PT. Saipem Karimun Yard (SKY), Dr. Erwin Widyanto menyampaikan bahwa, khususnya untuk di perusahaannya, kepada seluruh karyawan telah di lakukan cek kesehatan sendini mungkin, melalui pintu satu maupun pintu dua, yang sudah disiapkan oleh perusahaan (Kantor).

“Para karyawan harus terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan di klinik, untuk dilakukan cek kesehatan, sekaligus melakukan pengawasan terhadap kapal, karena kemarin juga sempat datang satu kapal dan langsung dilakukan pengecekan,” guna menghindari penyebaran covid-19 ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi menuturkan bahwa, pihaknya terus mengedukasi kepada seluruh masyarakat, dengan pelbagai cara termasuk melalui media massa.

“Selalu meningkatkan pengawasan, seperti halnya RSBT yang selalu menyiapkan ruang isolasi, kemudian juga perusahaan yang memiliki klinik, medic centre yang harus mempunyai ruang isolasi sementara, atau ruang observasi yang hampir memenuhi standar,” katanya.

Walaupun demikian, Rachmadi mengungkapkan untuk draf struktur Satuas Tugas (Satgas), dengan ketua pelaksana Sekda akan segera mungkin untuk di laksanakan.

“Setelah rapat terbatas ini, tim yang akan dibentuk dan hal-hal lainnya yang akan di diskusikan terkait hal penanggulangan merebaknya covid-19 tersebut,” ujar Rachmadi menambahkan.

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

448 views