Pemerintah Anambas Diminta Efektif Atasi Wabah Covid-19 di Jalur Masuk – WartaKepri.co.id
96 views

Pemerintah Anambas Diminta Efektif Atasi Wabah Covid-19 di Jalur Masuk





Wartakepri.co.id, Anambas – Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas, terus dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten kepulauan Anambas, yang mana hal ini dilakukan oleh satuan Tim Gugus Tugas serta instansi vertikal lainnya, seperti yang dilakukan tadi pagi di pelabuhan Tarempa penyemprotan cairan Disinfectant serta pembagian masker kepada buruh dan ABK Kapal, Sabtu, 21/3/2020.

Namun sayangnya hal ini belum bisa dikatakan maksimal dalam melakukan pencegahan masuknya Covid-19 di kabupaten kepulauan Anambas, terutama di pelabuhan Tarempa.

Seperti halnya tadi yang terpantau langsung di pelabuhan Tarempa, ada kapal yang baru masuk dan sandar di pelabuhan Tarempa, dari Kijang/Tanjungpinang, namun belum dilakukan tes Suhu Tubuh kepada ABK kapal yang baru saja tiba.

Hal ini sangat mengkhawatirkan, seharusnya disetiap keluar masuknya kapal kapal yang dari daerah yang sudah terpapar Covid-19 yang ingin masuk ke Anambas, wajib dilakukan pengecekan secara intensif dan khusus, hal ini untuk meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19 di Anambas.

Pemerintah di harapkan agar membangun Posko Kesehatan Covid-19 di Pelabuhan dan Bandara dimana areal tersebut adalah areal Vital masuk dan keluarnya Orang.

Baru di ketahui dari pihak pelabuhan (Kepala Buruh) bahwa di pelabuhan ada kapal yang baru datang dari luar daerah Anambas, namun belum dilakukan pengecekan oleh instansi hang memiliki kapasitas dalam hal ini, apa lagi saat ini pencegahan penularan Virus Corona Covid-19 sangat dibutuhkan penanganan yang serius.

Tak lama kemudian setelah Informasi yang disampaikan oleh Kepala Buruh tersebut disampaikan kepada Bupati Anambas barulah Tim dari Karantina Kesehatan Pelabuhan KKP Wilker Tarempa, Dinkes Anambas, BPBD Anambas, melakukan pengecekan Suhu Tubuh kepada ABK kapal, seharusnya Tim atau petugas yang berwenang turun ke lokasi untuk setiap saat melakukan pengecekan atau bekerjasama Dengan agen agen pelayaran yang ada di Anambas untuk mengetahui adanya penularan Covid-19 di Anambas.

Apalagi dikabarkan bahwa ada kapal Pelni tak lama lagi akan tiba dan Sandar di Pelabuhan Tarempa, hal ini tentunya perlu diperhatikan, pada saat penumpang turun diminta kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Tim atau instansi yang memiliki wewenang dalam penanganan pencegahan penularan Covid-19 di Anambas.

Abdul Haris SH Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas saat di jumpai di pelabuhan Tarempa pada saat dirinya melakukan penyemprotan cairan Disinfectant di setiap kapal kapal masuk baru juga mengetahui bahwa ada kapal dari luar Anambas yang baru tiba dan sandar di pelabuhan Tarempa, dan kagetnya bahwa ABK kapal belum mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari petugas.

” Saya berharap agar disetiap masuk dan keluarnya Orang, baik melalui jalur laut dan jalur udara wajib di periksa, hal ini untuk meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19 di Anambas”.ucapnya.

Meskipun di Anambas sampai saat ini masih aman dari Covid-19, maka dari itu sebelum daerah kita terpapar kita mengantisipasi, lebih baik mencegah daripada mengobati.ucapnya.(Rama).



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

96 views