Ribu TKI di Malaysia akan Dievakuasi dengan KRI, Ada Positif Ditampung di RS Galang Batam

64

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Pemerintah Indonesia memastikan bahwa kesiapan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pulau Galang telah mencapai 96 persen.

Menurut Laporan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, RS tersebut akan siap beroperasi pada Selasa (6/4/2020) pekan depan.

“Kesiapannya mencapai 96 persen. Diharapkan tanggal 6 April 2020 sudah siap” ungkap Laksamana Madya TNI Yudo Margono dalam keterangannya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Laksamana Madya Yudo Margono juga menyatakan kesiapan militer Indonesia dalam menjemput warga Indonesia khususnya tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Diketahui kepulangan mereka menyusul Lockdown yang diberlakukan Malaysia untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kogabelan I telah mengkoordinir pelaksanaan pemulangan melalui Kemenko Maritim, bahwasanya diperkirakan ada 20.000 orang akan ikut dalam skema pemulangan ini.

Dalam hal ini, Kobabelan I bersama TNI Angkatan Laut (AL) akan menggerakkan beberapa KRI yang saat ini sudah dalam posisi standby di perairan Batam. Apabila terdapat TKI yang positif covid-19 maka mereka akan ditampung di RS Pulau Galang.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Sudah ada KRI yang standby di Batam, jadi sewaktu-waktu digunakan untuk mengangkut personel, khususnya Jawa, sudah siap semuanya di Batam,” tutup Laksamana Madya TNI Yudo.(*)

Editor : Dedy Suwadha
Sumber : bnpd.go.id/merdeka

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH