Inilah Tiga Jenis Obat yang Digunakan Dokter Untuk Merawat Pasien Covid Positif

Foto Grid.id

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid 19 Kepri yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana mengungkap cara perawatan dan penangan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepri. Selain membarikan obat obatan, dokter memberikan terapi menurut standar yang mengacu ke WHO. Penjelasan ini diungkap Tjetjep, dari keterangan Direktur RS RAT Kepri, atas pertanyaan sejumlah wartawan, Sabtu (18/4/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana

Menurut Tjetjep, Obat obatan yang tersedia di rumah sakit adalah Oseltamivir Tablet dan Azitromisin tablet. Tapi obat-obat lainnya yang harus diberikan dibeli atau diadakan oleh rumah sakit diberikan terutama untuk kasus pasein sedang dan berat.

Dalam Penanganan pasien covid, dokter memberikan terapi menurut standar yang dibuat oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yang juga mengacu ke WHO.

PKP EXPO

Penanganan pasien covid adalah dengan memberikan pengobatan sesuai acuan, mengobati penyakit yang menyertai (komorbid). Untuk pasien diberikan sesuai dengan komorbid nya, dan itu ditentukan oleh ahli gizi rumah sakit. Obat Tocilizumab juga dicoba digunakan untuk kasus tertentu yang berat.

“Obat ini dipesan ke Jakarta, dan ada obat-obatan lainnya yang kami datangkan dari Singapore,” tulis Tjetjep ke media.

Obat Oseltamivir

Penelurusan WartaKepri di alodokter.com menjelaskan, Oseltamivir tergolong ke dalam obat antivirus yang bekerja dengan cara menghentikan aktivitas virus untuk berkembang. Oseltamivir bisa digunakan untuk infeksi virus influenza tipe A yang menyebabkan flu burung dan flu babi. Oseltamivir masih diteliti lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya dalam penanganan infeksi virus Corona atau COVID-19.

Seperti obat antivirus lainnya, oseltamivir tidak efektif dalam mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Merek dagang oseltamivir: Oseltamivir, Tamiflu
Apa Itu Oseltamivir adalah obat Antivirus, Kategori Obat resep, ManfaatMeredakan gejala-gejala influenza dapat Dikonsumsi oleh Anak-anak hingga dewasa. Penjelasan tentang obat ini selanjut bisa anda baca di website alodokter.com

Obat Azithromycin

Azithromycin adalah obat untuk mengobati infeksi bakteri di berbagai organ dan bagian tubuh, seperti saluran pernapasan, mata, kulit, dan alat kelamin. Obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter.

Azithromycin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, suspensi, dan suntik. Obat golongan antibiotik makrolida ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini tidak dapat digunakan untuk mengatasi infeksi virus. Merek dagang Azithromycin: Azithromycin Dihydrate, Infimycin, Zithromax IV, Zithrolan, Zistic, Mezatrin 500, Zithromax, Zitromed, serta Zibramax.

Apa itu Azithromycin adalah Golongan Antibiotik makrolida, Kategori Obat resep. Manfaat Mengobati infeksi bakteri. Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak. Penjelasan tentang obat ini selanjut bisa anda baca di website alodokter.com

Obat Tocilizumab

Dikuti dari wikipedia, Obat Tocilizumab, juga dikenal sebagai atlizumab, adalah obat imunosupresif, terutama untuk pengobatan rheumatoid arthritis dan arthritis sistemik remaja idiopatik, bentuk parah radang sendi pada anak-anak. Ini adalah antibodi monoklonal yang dimanusiakan terhadap reseptor interleukin-6.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Plt Gubernur Kepri Resmi Umumkan SMA/SMK Sederajat Libur hingga 30 Maret 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG