Menuju New Normal, Polsek Balai Karimun Galakkan Program Ternak Ikan Lele dan Tanaman Hidroponik

143
Menuju New Normal, Polsek Balai Karimun Galakkan Program Ternak Ikan Lele dan Tanaman Hidroponik

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Polsek Balai, Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau, terus melakukan terobosan dan inovasi yang bernilai dan berguna untuk masyarakat sekitar.

Pada kepemimpinan Kapolsek Balai, AKP Budi Hartono, lahan disekitar Polsek disulap menjadi lumbung ketahanan pangan. Tidak hanya untuk warga setempat, namun ketahanan pangan justru dikembangkan untuk masyarakat seluruh wilayah hukum Polsek Karimun.

“Pada budidaya ikan lele dan tumbuhan dengan konsep hidroponik mengadopsi sistem tumpang sari, hal ini tentunya dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Polres Karimun menuju new normal di masa pandemic covid-19 di lingkungan Polsek Balai Karimun,” terang Kapolsek Balai Budi Hartono, Sabtu (30/5/2020).

Lebih lanjut dirinya menyebut, untuk tempat ternak lele sendiri menggunakan media ember yang dipadukan dengan menanam sayur hidroponik.

“Dengan memelihara sayur jenis sawi hidroponik dan ternak ikan lele, selanjutnya diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu,” pungkasnya.

Dengan masa percobaan menggunakan tiga ember, ungkap Budi setiap satu ember terdapat 10 wadah hidroponiknya. Sehingga untuk ketersediaan lauk dan sayur dapat diatasi dengan modal yg tidak begitu mahal.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Bahan seperti ember bisa pakai ember bekas cat, wadah hidroponik dapat menggunakan barang yang tidak terpakai lagi seperti air mineral gelas, untuk media hidroponik dapat memakai serabut kelapa, lalu untuk biji sayurnya, pakai biji sawi yg ditanam,” imbuhnya.

Ungkap Budi, untuk sayur dapat di panen lebih cepat, sedangkan untuk jenis ikan lele bisa butuh waktu lebih lama, tergantung dari jenis umpan ikan lelenya.

“Program budidaya ikan lele dan tumbuhan hidroponik tersebut terbukti ampuh untuk ketahanan pangan. Terlebih saat ini beberapa wilayah termasuk Polsek Balai akan menuju new normal di tengah pandemi Covid-19,” paparnya.

Reporter : Aziz maulana

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI