Panglima Koarmada I TNI AL Minta Perkuat Patroli dan Tangkap Penyelundup di Karimun

766

WARTAKEPRI.CO.ID, KARIMUN- Panglima Komando Armada I TNI AL, Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, beserta rombongan ke Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, menyempatkan diri untuk meninjau secara langsung bantuan armada pada Rabu (17/6/2020).

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwanto meminta kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan patroli guna mencegah berbagai upaya tindak kejahatan seperti narkoba, STS, penyelundupan, juga people smuggling, serta penyeludupan TKI, di wilayah perairan Kepulauan Riau (Kepri), khususnya di perairan Karimun.

Adapun bantuan dari Koarmada I TNI AL ialah berupa Kapal Angkatan Laut (KAL) Pelawan, yang dioperasikan guna mendukung patroli. Kapal tersebut memiliki spesifikasi Main Engine 2X1900 HP, dengan kecepatan maksimal 28 knots. Selain itu excl paltform (LOA) 28, 98 meter, LWL 27, 12 meter, LPP 26,49 meter, B (mid) 6,20 meter, H (mid) 3, 15 meter, T (drought) maksimal 1, 40 meter. Disamping itu KAL Pelawan dengan membawa crew 15 orang ini juga mampu menjelajah hingga 648 NM.

“Bantuan armada Kapal Angkatan Laut Pelawan ini, guna mengintensifkan patroli pengamanan di wilayah perairan selat Malaka, sehingga nantinya mako Lanal Dumai dan Mako Lanal Batam akan kita tambah kekuatannya juga,” terang Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwanto saat meninjau secara langsung Kapal Angkatan Laut (KAL) Pelawan di dermaga pangkalan Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, Rabu (17/6/2020).

kedepannya, harapan Pangkoarmada I ini semoga saja negara Indonesia tidak tergerogoti oleh tindakan-tindakan ilegal yang tentunya merugikan masyarakat.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Seperi halnya narkoba, coba bayangkan dua kg narkoba sudah menjadi berapa paket, ditambah belum lagi berapa jiwa yang akan merusak generasi muda penerus bangsa, sehingga baru dua minggu ini jajaran saya berhasil menangkap,” Kata Heri.

Selain dari pada Kapal Angkatan Laut (KAL) Pelawan, ungkap Heri juga nanti ditambahkan lagi berupa kapal speed dan sarana prasarana penunjang lainnya, untuk memperoleh hasil tangkapan yang lebih banyak lagi, serta kapal ini memiliki senjata kaliber 12,7 mm dan 20 mm, sekiranya senjata ini cukup untuk menghalau pergerakan para penyelundup.

“Senjata dengan kaliber 12,7 mm terdiri dari dua pucuk, akan dipasang di anjungan samping kanan serta samping kiri. Sedangkan senjata kaliber 20 mm akan dipasang di anjungan bagian depan,” terangnya.

Selain itu Pangkoarmada I Alumnus Alademi Angkatan Laut (AAL) ke XXXIII tahun 1988 ini juga menambahkan, karena disamping itu, Kapal Angkatan Laut Pelawan juga akan di backup atau disokong oleh kapal-kapal dari Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI (Guskamla).

“Diluar itu juga melakukan patroli dengan menggunakan helicopter, patroli sepanjang selat Malaka, patroli Indonesia dengan india (Indindo), dan Malaysia, sehingga diharapkan kedepannya agar lebih aman,” imbuhnya.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO