Bukti Sejarah Penjajah Jepang di Karimun Ditemukan Kim Gu saat Gali Tanah

495
Bukti Sejarah Penjajah Jepang di Karimun Ditemukan Kim Gu saat Gali Tanah
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Seorang Warga Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun bernama Kim Gu (52), telah menemukan benda yang diduga sebuah proyektil peluru senjata pesawat tempur pada saat penjajahan Jepang, Selasa (21/7/2020) petang.

“Saat ditemukan oleh Kim Gu, dirinya melakukan penggalian tanah timbunan, dan akhirnya menemukan benda keras menyerupai proyektil,” terang Danramil 04/Tebing, Kapten CPL Eka S. Nasution.

Selanjutnya, kata Eka Kim Gu melaporkan atas temuannya tersebut kepada Ketua RT dan melanjutkan ke anggota TNI (Koramil 04/Tebing). “Untuk selanjutnya langsung mengamankan temuan warga tersebut ke Markas Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun,” imbuhnya.

Dirinya menyebut, proyektil tersebut merupakan peluru dengan kaliber besar dan diduga jenis amunisi lawas. “Pada saat ditemukan bahan peledak pendorongnya sudah dalam keadaan rusak, jadi hanya proyektil ujungnya saja,” pungkasnya.

Kemudian, ungkap Eka temuan benda-benda seperti ini biasa akan diserahkan kepada satuan yang berwenang untuk dilakukan proses pemusnahan.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

“Setelah diamankan di Kodim 0317/TBK, maka proyektil tersebut akan dimusnakan oleh satuan atau dikubur didalam tanah dengan ditaburi garam sebanyak 5 kg sampai dengan 10 kg, sehingga nantinya proyektil tersebut akan hancur dengan sendirinya,” ujar Eka.

Eka menambahkan, proyektil tersebut merupakan amunisi jenis lama, diperkirakan milik tentara Jepang yang masuk ke Indonesia pada tahun 1942 silam.

“Dengan di jatuhkan dari pesawat atau dari canon tank Amphibi milik marinir. Yang jelas amunisi tersebut tidak sama dengan amunisi yang dimiliki oleh TNI AD. Namun amunisi tersebut aman diangkat dan dibawa kemana saja, asalkan jangan sampai terkena benturan atau hentakan yang hebat, selain itu juga amunisi ini sudah dalam keadaan rusak,” pungkasnya.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN