Bupati Karimun Mendapat Catatan Penting Dalam Pelaksanaan APBD

184

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq menghadiri rapat Paripurna laporan Akhir, Badan Anggaran terhadap rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), tahun anggaran 2019, Kamis (30/07/2020).

Rapat Paripurna yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut, di gelar pada ruang rapat Balai Long Sri, DPRD Kabupaten Karimun, turut serta di hadiri oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Ketua DPRD Karimun dan anggota, jajaran FKPD Karimun OPD, beserta instansi vertikal lainnya.

Seusai menggelar rapat Paripurna, Bupati menjelaskan, pandangan akhir dari banggar serta juga dari fraksi-fraksi yang memiliki catatan-catatan yang sifatnya konstruktif (membangun), untuk melakukan perbaikan-perbaikan.

“Khususnya dalam pengelolaan anggaran pada tahun 2020 ini,” jelas Rafiq.

Bupati menambahkan, terdapat beberapa catatan-catatan penting agar pemkab Karimun benar-benar mampu memprediksi sektor pendapatan.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Khususnya dana transfer pusat, dana transfer Provinsi serta PAD Kabupaten Karimun itu sendiri,” paparnya.

Dengan harapan, ungkap Rafiq Pemkab Karimun mampu memprediksi seberapa banyak pendapatan, sehingga dapat mengalokasikan anggaran belanja, sehingga kalau ini the mechine, maka diharapkan tidak akan terjadi tunda salur dan kekurangan pembayaran dan lain sebagainya.

“Yang di istilahkan dengan defisit. Defisit sendiri sebenarnya tidak terjadi, akan tetapi memang capaian-capaian yang kita lakukan itu tidak tercapai targetnya secara keseluruhan,” imbuhnya.

Meskipun demikian, ungkap Rafiq anggaran belanja tersebut tidak seratus persen, paling tidak belanja dapat dihemat 90 hingga 95 persen.

“Bukan kita tidak mengalokasikan kepada masyarakat, akan tetapi terjadi penawaran-penawaran dalam proses belanja secara langsung,” sebut Rafiq.

Sehingga Rafiq memberikan contohnya pada proyek-proyek yang melakukan pelelangan, hal tersebut tentunya terdapat penawaran-penawaran kepada silpa.

“Silpa inilah yang akan kita gunakan untuk belanja tahun berikutnya,” ujar Rafiq.(aziz)

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO