Perkuat Pendidikan Literasi Anak, Marlin: Biasakan Bacakan Buku Sebelum Tidur

208
Perkuat Pendidikan Literasi Anak, Marlin: Biasakan Bacakan Buku Sebelum Tidur

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Keinginan agar ijazah Taman Kanak-Kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi salah satu syarat masuk Sekolah Dasar (SD) kembali ditanyakan para tenaga pendidik ke Bunda PAUD Kota Batam Hj Marlin Agustina.

Hal ini mengemuka saat Marlin berkunjung ke TK Kartini, Kelurahan Sungaijodoh, Kecamatan Batuampar, Rabu (29/7/2020) pukul 08.00 WIB. Silaturahmi Bunda PAUD ini dihadiri Camat Batuampar Tukijan beserta jajaran, serta Kepala Sekolah TK Kartini II Sunarnir.

“Ada pesan dari guru-guru Kecamatan Batuampar, apakah mungkin ijazah anak anak TK ini dapat dijadikan legalitas untuk masuk sekolah dasar?” ujar Wakil Ketua Yayasan Keluarga Batam (YKB) Tanjung Litasari.

Dalam sambutannya, Marlin menjawab memang akhir-akhir ini ia selalu mendapat pertanyaan tersebut. Namun, dirinya sadar bukanlah pengambil keputusan.

“Tentu semua usulan akan saya sampaikan ke Pak Wali (Walikota Batam H Muhammad Rudi) dan tentunya Dinas Pendidikan Kota Batam. Kita akan cari jalan terbaik,” jelasnya.

Di sekolah yang sudah mendapat Akreditasi A ini, Marlin sempat memuji akan kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Bahkan mengedukasi murid untuk menjaga kesehatan di masa pandemi ini.

“Anak-anak itu peniru ulung. Bila kita mencontohkan hal baik, niscaya mereka akan ikut,” jelas Marlin.

Tak lupa dia menyarankan agar sekolah memperkuat bidang pendidikan dengan membudayakan membaca dan memperkokoh literasi pada anak PAUD.

“Bisa melalui dibiasakan membaca atau dibacakan buku sebelum tidur. Bukannya dipaksa belajar baca, nulis dan hitung,” jelasnya.

Terakhir Marlin titip agar semua menjaga kualitas pendidikan. Sebab, Daerah yang abai pendidikan akan membuat rendahnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya,” pungkasnya.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND