Kenalkan Budayakan Kuda Lumping, Syamsuddin Mawi Terpilih Ketua Keluarga Banyuwangi Batam

1019
Kenalkan Budayakan Kuda Lumping, Syamsuddin Mawi Terpilih Ketua Keluarga Banyuwangi Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Syamsuddin Mawi Mahawi ZA terpilih menjadi ketua Ikatan Keluarga Banyuwangi (IKAWANGI) Batam periode 2020-2023. Pemilihan ketua baru periode ke dua paguyuban ini berlangsung di perumahan Tiban Point, Kecamatan Sekupang, Minggu (23/8).

Dari lima nama calon yang diajukan, Syamsuddin terpilih setelah mendapat dukungan dari ratusan anggota IKAWANGI Batam yang hadir dalam pemilihan itu. Sebelumnya pada periode pertama, posisi ketua paguyuban IKAWANGI Batam dijabat oleh Joko Seno. Ia dipercaya mengemban amanah itu selama dua tahun.

Joko menyebut awalnya dirinya menjabat ketua selama satu tahun sesuai dengan perjanjian khusus di antara seluruh keluarga IKAWANGI Batam. “Dalam pemilihan ketua IKAWANGI periode pertama, ada perjanjian khusus bahwa saya menyanggupi sebagai ketua selama satu tahun,” kata dia.

Namun setelah penyerahan jabatan satu tahun waktu itu, keluarga IKAWANGI Batam kata dia memintanya untuk menjabat satu tahun lagi. “Alasannya karena belum menemukan kandidat baru yang sesuai untuk mengantikan saya,” ungkap Joko.

Lalu, pada pemilihan menetapkan Syamsuddin sebagai ketua terpilih yang baru. Menurut Syamsudin bahwa pendahulunya itu merupakan sosok yang sangat berjasa mempertahankan IKAWANGI Batam hingga sesolid ini.

“Dan saya akan tetap berkoordinasi dengan Bapak Joko Seno untuk memajukan IKAWANGI agar kedepannya bisa lebih baik lagi,” kata dia.

Itu semua kata dia tentunya akan bisa terwujud dengan adanya dukungan dari ketua periode sebelumnya. “Saya berharap seluruh komponen IKAWANGI bisa ikut membangun kebersamaan, guyub rukun seduluran selawaseh,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, ia juga memaparkan program jangka pendek IKAWANGI Batam. Seluruh warga Banyuwangi yang ada di Batam kedepannya akan diajak untuk bergabung.

Sehingga, lanjut dia, nantinya akan bisa bersama-sama mengembangkan seni budaya dari daerah Banyuwangi di Kota Batam ini agar dapat diterima oleh masyarakat banyak.

“Akan bersama-sama mengenalkan budaya tradisional kami seperti kuda lumping, gandrung dan seni budaya lainnya,” tambahnya.

Kedepannya ia berharap IKAWANGI Batam lebih maju di bidang sosial, agama dan budaya. Hal itu menurut dia menjadi komitmen utama IKAWANGI bisa berkontribusi di Batam.

“Kami berkomitmen IKAWANGI bisa berkontribusi, khususnya terhadap pengembangan pariwisata Batam,” pungkasnya. (ria)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel