Marlin Bekali Guru PAUD Teknik Khusus Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak

89

BUNDA Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Hj Marlin Agustina, membuka pelatihan bagi guru-guru PAUD terintegrasi Bahasa Inggris.

“Pelatihan yang diberikan tentang teknik pengajaran,” ujar Marlin di tempat pelatihan, LKP LCC Tiban Koprasi, Komplek Kartika Bisnis Blok U4, Nomor 9, Tiban Koperasi, Kecamatan Sekupang, Senin (14/9/2020) pukul 08.30 WIB.

Menurut Marlin, pelatihan Bahasa Inggris ini penting sekali dikenalkan sejak dini pada anak-anak, sebab selain bahasa internasional, juga posisi Batam diapit dua negara tetangga di gerbang Asia.

“Namun, tak banyak guru yang memahami teknis mengajarkan bahasa Inggris kepada anak PAUD. Itulah mengapa kita menggelar pelatihan ini,” ujar istri Walikota Batam H Muhammad Rudi tersebut.

Bagaimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak? Menurut Marlin, materinya harus sesuai dengan usia anak- anak. Misalnya, mengajarkan Bahasa Inggris pada level “content” bukan “form”.

Selain itu, tak menekankan pembelajaran vocabulary atau kosakata dengan metode penerjemahan kata per kata.

Sebab metode ini dianggap sebagian besar ahli pengajaran Bahasa Inggris kurang strategis dan tidak natural untuk anak-anak.

“Karena itu dalam pelatihan ini saya berharap guru dilatih menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE), sehingga mudah diserap oleh anak-anak,” ujarnya kepada kataBatam.

Dengan demikian, lanjut Marlin, metode tersebut dapat membantu fungsi utama anak-anak dalam perkembangan fisik dan motorik, perkembangan kognitif, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan bahasa, perkembangan moral dan nilai-nilai agama, dan perkembangan seni kreativitas.

Selain itu, Marlin juga mengajak semua masyarakat, hadirin di lokasi tersebut, ikut mengedukasi warga agar taat menerapkan protokol kesehatan. Hal itu sebagai upaya mecegah dan meminimalisir risiko terjangkit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Silakan beraktivitas, tapi jangan lupa 4 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Kemudian tingkatkan imun tubuh dengan cara berolahraga,” pungkasnya.(r)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND