Jelang Pemilihan Bupati, KPU Anambas Gelar Rakor Fasilitasi Kampanye

366

Wartakepri.co.id, ANAMBAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan rapat koordinasi fasilitasi kampanye pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Desember mendatang.

Rapat yang dipimpin Komisioner KPU dari divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Jumadil Hakim itu, berlangsung di Aula Siantanur, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (23/9).

Jumadil mengatakan kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau untuk menyampaikan kampanye pilkada serentak lanjutan tahun 2020 sesuai dengan PKPU nomor 4 tahun 2017, PKPU nomor 6 tahun 2020, dan PKPU nomor 10 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU nomor 6 tahun 2020, dan tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non-alam Covid-19.

Rapat koordinasi ini nantinya diharapkan agar tim kampanye di tingkat daerah dalam pilkada serentak, partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon dan atau tim kampanye tingkat kecamatan, mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan kampanye oleh tim kampanye dengan menunjuk petugas kampanye.

“Nantinya petugas kampanye diharapkan untuk mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Kepulauan Anambas satu hari setelah penetapan Paslon sampai dengan paling lambat satu hari sebelum penyelenggaraan kampanye,” kata Jumadil.

Ia menjelaskan, nantinya pendaftaran petugas kampanye menggunakan formulir model BC2-KWK untuk disampaikan kepada KPU, Bawaslu, Kepolisian dan sebagai arsip paslon.

Selain parpol atau gabungan parpol, paslon, dan atau tim kampanye, lanjut dia, kampanye juga dapat dilakukan oleh pihak lain dan relawan. Pihak lain atau relawan dapat mendaftarkan diri ke KPU dengan menyerahkan surat dari paslon yang menerangkan pihak lain atau relawan tersebut merupakan pendukung dan akan melaksanakan kampanye.

“Dan untuk pendaftaran pihak lain atau relawan dilakukan satu hari setelah penetapan paslon sampai dengan paling lambat satu hari sebelum kegiatan kampanye, dan pihak lain atau relawan juga melakukan pendaftaran formulir model BC3-KWK untuk disampaikan ke KPU, Bawaslu, Kepolisian dan sebagai arsip paslon,” sambungnya.

Sedangkan untuk metode dan masa kampanye, pertemuan terbatas terhitung tanggal 26 September sampai dengan 5 Desember 2020. Pertemuan tatap muka dan dialog pada 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.

Kemudian untuk debat publik atau terbuka antar paslon pada 26 September sampai dengan 5 Desember 2020, penyebaran bahan kampanye kepada umum 26 September sampai dengan 5 Desember 2020, pemasangan alat peraga kampanye 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.

Untuk penayangan iklan kampanye di media massa, baik itu cetak, sosial, elektronik, dan lembaga penyiaran publik atau penyiaran swasta tanggal 22 November sampai dengan 5 Desember 2020, rapat umum tanggal 22 November sampai dengan 5 Desember 2020, serta kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan tanggal 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.

“Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman dan menciptakan pemilu damai, sejuk dan harmonis di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas,” kata dia.

Rapat ini juga dihadiri SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) didampingi Komisioner KPU Divisi Program Data dan Informasi Padillah, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Nevelino, Kapolres Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam, Sekda Anambas Sahtiar, Komisioner Bawaslu Anambas Liber Simare Mare, Forkopimda Anambas, serta Pimpinan Partai Politik dan Timses Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas. (rama)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN