Tim SAR Gabungan Temukan Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ-182 Sekitar Pukul 16.20 WIB

231
Tim Kopaska Penemu FDR Kotak Hitam1
Tim Kopaska Penemu FDR Kotak Hitam1

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Tim SAR gabungan yang mencari kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182 berhasil menemukannya sekitar sekitar Pulau Laki-Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pukul 16.20 WIB.

Setelah ditemukan oleh para penyelam TNI AL, black box atau kotak hitam langsung dibawa menuju Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT 2) menggunakan searider.

Dalam penjelasan resmi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di JICT menjelaskan tentang arahan Presiden Jokowi mengenai evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182. Jokowi memerintahkan untuk mempercepat pencarian black box Sriwijaya Air dan percepat menyalurkan asuransi untuk keluarga korban

Dari laporan itu, Bapak Presiden memerintahkan kepada saya untuk mengkoordinasikan dengan cepat proses pencarian dari tubuh korban dan juga mempercepat proses dari pencarian black box.

BACA JUGA Panglima TNI Hadi Tjahjanto Terjunkan Kekuatan Penuh TNI Percepat Ditemukan Black Box Sriwijaya

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto menjelaskan penemuan Black Box (FDR) telah ditemukan, namun proses pencarian tetap dilanjutkan untuk mencari bagian lainnya.

Kabarsanas Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito menjelaskan selain Black Box juga dibawa puluhan kantong yang berisikan potongan pesawat dan bagian dari milik penumpang.

Sedangkan Kepala KNKT menjelaskan akan menguduh data di Black box dalam waktu 2 sampai 4 hari.

Black box adalah istilah terhadap dua peranti pada pesawat, FDR (Flight Data Recorder) atau perekam data penerbangan dan CVR (Cockpit Voice Recorder) atau perekam percakapan pilot.

Setidaknya 88 orang penyelam dari berbagai kesatuan dilibatkan untuk mencari dan mengangkat black box, puing-puing pesawat dan jenazah korban.(*)

Editor : Dedy Suwadha
Foto : Facebook

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel