Yayasan SDII Batam Gelar Seminar Manajemen Masjid, Rafki Rasyid: Masjid Bisa Gerakan Ekonomi Ummat

298
Manajemen Masjid Batam
Manajemen Masjid Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Yayasan Sindikasi Data dan Informasi Indonesia (SDII) melaksanakan Seminar Manajemen Mesjid dengan, tema “Menjadikan Masjid Sebagai Penggerak Ekonomi Ummat yang dilaksanakan Kamis (28/1/2021) di Hotel PIH Batam Center.

Adapun sebagai narasumber, yakni kepala Bank Indonesia Kepri, Rektor Universitas Batam, Pengelola Masjid Kawasan Batam Indo.

Ketua pelaksana seminar Rafki Rasyid mengatakan, dimana kegiatan ini dihadiri sekitar 50 orang yang terdiri dari pengurus masjid dan Imam yang ada di kota Batam. Jadi kepada peserta yang hadir juga selalu ingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa, pentingnya kaitan dalam memakmurkan masjid serta mendukung tempat ibadah, namun pihaknya ingin meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Rafki Rasyid kepada WARTAKEPRI.co.id

PKP HIMALAYA

Rafki juga menjelaskan semua peserta nanti akan mengikuti seminar hingga selesai. Tentu dari hasil seminar ini agar
tujuan paling utama itu adalah untuk menggerakkan masjid yang ada di Kota Batam.

“Setidaknya, bisa untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga bagaimana bisa menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitar melalui masjid sebagai motornya.

Ia juga menyebutkan, agar nanti file projeck. Kita bina sampai menjadi maju sebuah UKM nya sehingga dengan begitu, maka masjid akan lebih berkembang dan masyarakat sekitar juga bisa makmur.

“Penggerak ekonomi yang bisa dilakukan itu salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” sebutnya.

Menurut Rafki, seminar ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Batam dan bahkan di Provinsi Kepri, untuk selanjutnya juga akan diadakan di Kota atau Kabupaten yang ada di Kepri.

“Jadi, seminar ini cuma sehari dilaksanakan untuk itu kepada peserta kita harapkan untuk mengikutinya sampai selesai agar mendapatkan ilmu dan tertarik nantinya membuat jejaring sendiri antar masjid,” imbuhnya.

Sekali lagi Rafki berharap antara pengurus masjid nantinya akan membentuk jaringan dan akan saling mengisi antara jemaah yang mempunyai usaha dilakukan pembinaan, yakni bisa melalui pembentukan koperasi dan juga bisa melalui yayasan masjid,”pungkasnya.(*)

Kiriman Taufik Chaniago

Manajemen Masjid

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel