Bigmatch Pekan ke-23 Liverpool Ambruk 1-4 dari Manchester City, Berikut Fakta Pertandingannya

Liverpool Kalah 1-4 dari Manchester
Liverpool Kalah 1-4 dari Manchester

WARTAKEPRI.co.id, LIGA INGGRIS – Bigmatch pekan ke-23 Liga Inggris menjadi laga menagis bagi Liverpool di Stadion Anfield, Minggu (7/2/2021). Liverpool kalah telak 1-4 dari Manchester City.

Pada laga ini juga diwarnai Blunder fatal Alisson Becker, dan penonton mengingatkan publik kepada aksi minor Loris Karius di final Liga Champions 2018. Tercatat, Dua dari gol tim lawan disebabkan blunder fatal Alisson.

Awal bermain sama kuat tanpa gol di babak pertama, tensi pertandingan memanas di babak kedua. Pertandingan tetap berlangsung panas dan berjalan menegangkan setelah kedua tim bermain imbang 1-1. Man City lebih dulu unggul melalui Ilkay Gundogan sebelum disamakan penalti Mohamed Salah.

Petaka bagi Liverpool terjadi di menit ke-74. Kesalahan umpan Alisson membuka kesempatan bagi Man City cetak gol kedua.

Gundogan yang gagal mencetak gol melalui titik putih justru jadi pahlawan di laga ini lewat sepasang gol. Pemain asal jerman itu dengan mudah meneruskan umpan matang Phil Foden di depan gawang.

Tiga menit berselang, Alisson kembali membuat blunder. Entah tidak melihat, ia justru memberikan umpan pendek kepada Bernardo Silva yang berada di dalam kotak penalti. Gelandang asal Spanyol itu tak menyia-nyiakan momen dan melepaskan umpan cungkil untuk melewati Alisson yang sukses disambut Raheem Sterling.

Mental Liverpool ambruk setelah tertinggal 1-3 karena blunder yang dilakukan kiper terbaik dunia versi FIFA. Phil Foden kemudian menambah penderitaan Liverpool lewat tembakan keras di menit ke-83.

Berikut Fakta Pertandingannya

Bagi Liverpool kalah telak dari Manchester City dengan skor 1-4. Kekalahan ini merupakan kali ketiga secara beruntun musim ini setelah takluk dari Burnley dan Brighton. Manchester City menang lewat brace Ilkay Gundogan, Raheem Sterling, dan Phil Foden.

Pilu bagi The Reds, julukan Liverpool, kekalahan ini mengundang fakta-fakta menarik yang cukup mengejutkan. Dalam, rangkuman yang dilansir Tribunnews.com, Liga Inggris Liverpool vs Manchester City dari berbagai sumber:

1. Samai Catatan Kelam di Anfield 58 Tahun Silam

Kekalahan atas Manchester City adalah kekalahan yang ketiga secara beruntun bagi Liverpool musim ini. Sebelumnya, Liverpool keos dari tim papan bawah Burnley dan Brighton dengan skor identik 0-1.

Namun yang lebih tragis, catatan ini merupakan kali pertama dalam 58 tahun terakhir, Liverpool mengalami 3 kekalahan beruntun di Anfield. Rasa kesakitan itu hampir dua kali lebih lama saat mereka menantikan gelar Liga Inggris Premier League (30 tahun), menurut catatan William Hill.

2. Hidupkan Tren Negatif 65 Tahun Silam

Masih dari 3 kekalahan beruntun, Liverpool adalah tim pertama sebagai juara bertahan Liga Inggris yang mengalami kejadian ini sejak Celsea pada tahun 1956, atau 65 tahun silam, berdasarkan catatan Opta Joe.

3. Pep Guardiola

Pep Guardiola adalah rajanya ‘raja’ di berbagai liga top Eropa. Mantan penggawa Barcelona itu telah menghasilkan sejarah di Bundesliga, LaLiga, Liga Inggris dengan kemenangan terlama. Dan yang terbaru mencatatkan rekor kemenangan terlama, 14 pekan berturut-turut di semua kompetisi, dari catatan William Hill.

4. Liverpool Lebih Buruk dari Musim Lalu

Setelah 23 pertandingan musim ini, Liverpool mengumpulkan 40 poin. Raihan itu selisih 27 angka dengan capaian mereka musim lalu saat menjadi juara Premier League.

Menurut Opta Joe, pnurunan ini adalah yang terbesar dalam sejarah Liga Inggris dari tim papan atas.

5. Blunder Fatal Alisson Backer

Apes bagi Liverpool, kiper andalan mereka Alisson Becker melakukan dua blunder fatal yang mengakibatkan Liverpool kebobolan. Alisson Becker salah memberikan umpan hingga mampu direbut oleh pemain Manchetser City, Phil Foden dan Bernardo Silva.

Phil Foden tak serta melalap sendiri, dia kreator gol kedua Manchester City berkat umpannya kepada Ilkay Gundogan. Setelah itu ada Bernardo Silva memberikan umpan chip yang dikonversikan menjadi gol oleh Sterling dengan sundulannya.(*)

Sumber : CNNIndonesia/Tribunnews
Editor : Dedy Suwadha

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel