Bupati Buka Rakor Lintas SKPD, Besar Kecilnya Anggaran Bukan Penentu Suksesnya Program

182

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbang), melaksanakan kegiatan koordinasi pelaksanaan forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), lintas SKPD, di gedung serba guna Nilam Sari, perkantoran Bupati Karimun, Rabu (10/3/2021).

Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, usulan rencana program dan kegiatan pembangunan diinput ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

PKP HIMALAYA

“Dengan tahapan dan alur yang jelas, sehingga dapat dipastikan tidak ada lagi kegiatan pembangunan yang dilaksanakan diluar dari mekanisme perencanaan yang sudah ditentukan,” ungkap Rafiq.

Oleh karena itu menurutnya, seluruh mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan benar-benar menjamin keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam menyampaikan saran dan usulan dalam penyusunan perencanaan pembangunan di Kabupaten Karimun.

“Persoalan yang dihadapi dalam proses perencanaan pembangunan, adalah di saat menentukan pilihan program dan kegiatan prioritas yang akan didahulukan pelaksanaan pembangunannya,” kata Rafiq.

BACA JUGA Ikatan Jemaah Haji Kloter 27 Tanjungpinang Tahun 2017 Bagi Takjil di Beberapa Titik Jalan

Karena disisi lain, Rafiq menilai adanya keterbatasan sumber pendanaan. Namun, perlu ditekankan bahwa besar kecilnya anggaran bukan sebagai penentu suksesnya sebuah program.

“Akan tetapi yang lebih penting yaitu seberapa besar dampak dan nilai manfaat terhadap hasil pembangunan dari program dan kegiatan tersebut bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbang) Kabupaten Karimun Djunaidi mengatakan, proses penyusunan RKPD tahun 2021, telah memasuki tahap Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah dari beberapa tahapan perencanaan yang telah dilaksanakan bersama.

“Forum SKPD ini dilaksanakan guna menindaklanjuti hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, untuk selanjutnya menjadi bahan masukan dalam proses penyusunan Rencana Kerja (Renja) SKPD,” terangnya.

Kata Djunaidi, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbang) Kabupaten Karimun baru saja menyelesaikan Musrenbang tingkat Kecamatan.

“12 Kecamatan se-Kabupaten Karimun, Musrenbang tingkat Kecamatan dilaksanakan sejak tanggal 18 Februari 2021 dan telah berakhir pada 4 Maret 2021 lalu,” ujarnya.

Hal ini menurutnya bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan tingkat Desa atau Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan.

“Musrenbang tingkat Kecamatan juga bertujuan untuk membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan Desa maupun Kelurahan, serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah,” paparnya.

Djunaidi menambahkan, tiga usulan prioritas setiap Desa atau Kelurahan dari masing-masing Kecamatan yang dihasilkan pada Musrenbang tingkat Kecamatan diinput kedalam SIPD yang kemudian disinkronkan dengan rancangan awal (Ranwal), Renja OPD serta dibahas dan difilter (saring).

“Melalui mekanisme Forum SKPD yang dilaksanakan pada hari ini, sebagai laporan kepada Bupati dan Wakil Bupati Karimun, bahwasannya sampai dengan pelaksanaan forum OPD ini, secara akumulasi telah terinput usulan dari 12 Kecamatan, 29 Kelurahan dan 42 Desa, sebanyak 187 usulan,” tandasnya. (az).

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel