Melelahkan, Penumpang Antre Sampai 5 Jam Untuk Tes GeNose di Pelabuhan RoRo Tanjung Uban

243
Antre GeNose Pelabuhan RoRo Tanjung Uban
Antre GeNose Pelabuhan RoRo Tanjung Uban

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Pelabuhan RoRo kembali terjadi kerumunan oleh calon penumpang walau penularan kasus Covid-19 meningkat, pada Minggu (23/5/2021). Peningkatan penumpang juga terjadi karena harus antre untuk melakukan tes GeNose.

Ditambah pasca hari libur, dimana lonjakakan kerumunan orang tidak bisa dihindarkan, dimana para calon penumpang speedboat pelabuhan Bulang Linggi tujuan Tanjunguban ke Telaga Punggur Batam juga melakukan tes GeNose. Sehingga menambah kerumunan orang di pelabuhan RoRo tersebut.

Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Kepri Banjir Simartama juga terperangkap dalam antre untuk melakukkan antre GeNose. “Sudah kurang lebih 5 jam mengantre,”ujar Banjir.

Ketika dikonfirmasi Banjir Simarmata menjelaskan, kerumunan orang yang terjadi di pelabuhan RoRo sangat disayangkan. Terkait meningkatnya kasus Positif Virus Covid-19 di Kepulauan Riau, khususnya di Kabupaten Bintan dan Batam saat ini, perlu pengawasan ekstra ketat.

BACA JUGA Tes GeNose Tidak Ada di Pelabuhan Bulang Linggi Tj Uban, Dampaknya Penumpang Menumpuk

Banjir berharap agar pemerintah dapat mengatasi permasalahan ini, dimana peraturan harus dijalankan, namun dalam penerapan tidak sesuai dengan Prokes Covid-19.

” Bolehlah Pak Gubernur dan Pak Bupati sekali-kali turun tinjau langsung ke lapangan, agar dapat merasakan dan memahami penerapan Prokes di lapangan, sehingga dapat mengambil kebijakkan, saat ini masyarakat pun lagi susah,” harapnya.

Perlu peran pemerintah Kabupaten Bintan, bentuk keseriusan dalam menanggani penularan wabah Covid -19, diwilayah hukumnya.

“Kalau ini tidak diatur secara baik, lonjakan penularan virus Covid-19 di Kabupaten Bintan bakalan terjadi,”katanya.

Surat edaran Geburnur sudah diedarkan agar tes GeNose dilakukan sebelum pemberangkatan para calon penumpang. Hal ini bisa dilakukan sebelum para calon penumpang melakukakan menuju ke Pelabuhan, artinya sudah menpersiapkan hasil tes kesehatan atau surat keterangan sehat berupa GeNose ataupun antigen dan yang lainnya.

Satgas Kecamatan melalui Camat Bintan Utara Firman Setyawan menanggapi serius perihal kerumunan ini terulang kembali, namun dimana dari pihak yang berkompeten dalam permasalahan ini belum dapat memberikan keterangan.(*)

Pengirim: Agus Ginting

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel