Manchester City Juara Liga Inggris 2020-2021, Titel Ketujuh dan Pecahkan Sejumlah Rekor

277
Manchester City Juara Liga Inggris 2020-2021
Manchester City Juara Liga Inggris 2020-2021

WARTAKEPRI.co.id, LIGA INGGRIS – Manchester City mengalahkan Everton di pekan terakhir Liga Inggris dengan skor telak. The Citizens menang 5-0 atas The Toffees. Bertanding di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Minggu (23/5/2021) malam WIB, City sudah dipastikan juara saat menjamu Everton. Laga ini pun tak lebih dari sekadar penutup musim, sekaligus perpisahan dengan Sergio Aguero, yang akan pergi di akhir musim.

Di laga ini, City menggila dengan menggasak Everton lima gol tanpa balas. Dan Aguero turut serta dalam pesta ke gawang The Toffees. Masing-masing gol dicetak Kevin De Bruyne di menit ke-11, Gabriel Jesus (14′), Phil Foden (53′), dan Sergio Aguero pada menit ke-71 dan ke-76.

Kemenangan ini membuat City menutup musim 2020/2021 dengan 86 poin, unggul 12 poin dari Manchester United. Diikuti Liverpool 69 poin.

Everton coba menekan di menit-menit awal. Namun upaya Gylfi Sigurdsson dan Dominic Calvert-Lewin masih bisa diredam Ederson di lima menit pertama. Manchester City mulai keluar, lewat tekananya. Dan gol pertama pun lahir di menit ke-11, setelah De Bruyne sukses membobol gawang Jordan Pickford.

Keunggulan Manchester City bertambah tiga menit berselang. Gabriel Jesus memperbesar keunggulan usai meneruskan umpan De Bruyne. City praktis mengambil alih permainan. Gol Berbagai peluang diciptakan lewat para pemainnya.

Everton punya kans memperkecil skor di menit ke-35 lewat penalti, setelah Ruben Dias melanggar Richarlison. Namun, Sigurdsson gagal menuntaskan pekerjannya, usai tendangannya bisa diblok. Hingga jeda, City bisa terus mengancam gawang Everton. Namun, skor 2-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, City bisa menambah tiga gol. Masing-masing lewat Phil Foden dan brace Aguero. Foden menambah gol di menit ke 53, usai meneruskan umpan Raheem Sterling. Kemudian, Aguero, setelah masuk pada mneit ke-65, bisa membuat dua gol pada menit 71 dan 76.

Di sisa waktu, City punya banyak peluang lagi bikin gol, namun tak ada yang masuk ke gawang Everton. Hingga laga tuntas, City menang 5-0 di laga perpisahan Aguero.

Susunan Pemain

Man City: Ederson, Walker, Stones, Dias, Zinchenko, De Bruyne, Fernandinho, Foden (Rodri 56′), Mahrez (Aguero 65′), Jesus (Torres 74′), Sterling
Everton: Pickford, Digne, Godfrey, Keane, Holgate, Davies, Allan, Doucoure (Iwobi 57′), Sigurdsson (Bernard 59′), Richarlison (Nkounkou 76′), Calvert-Lewin.(*)

Fakta Gelar ke Tujuh Manchester City

Manchester City menjadi jawara Liga Inggris 2020/2021. Keberhasilan The Citizens disertai beberapa rekor mentereng, per 12 Mei 2021 lalu. Apa saja? Man City mengunci titel Premier League di pekan ke-35.

Gelar Liga Inggris 2020/2021 sekaligus menjadi yang ketujuh buat Manchester City sepanjang sejarah klub. Skuad asuhan Pep Guardiola ini terakhir kali mencium trofi Premier League di musim 2018/2019.

Man City menggapai titel Premier League dengan sejumlah rekor yang menyertainya. Melansir laman resmi klub, The Citizens sukses mengunci gelar dengan kemenangan beruntun terbanyak, yakni 13 laga antara 3 Januari hingga 2 Maret 2021.

Man City juga menyamai rekor terlama untuk satu pertandingan tanpa kebobolan gol lebih dulu. Riyad Mahrez dkk melakukannya 19 kali beruntun pada 28 November 2020 hingga 2 Maret 2021.

Klub asal Manchester itu juga menorehkan 28 pertandingan tanpa kekalahan. Jumlah tersebut menyamai rekor Man City sepanjang April hingga Desember 2017.

Man City menjadi klub Inggris pertama yang mampu memenangkan sembilan pertandingan beruntun di bulan Januari. The Sky Blues turut mencatatkan kemenangan tandang terpanjang, yakni 11 kali.

Manchester City memecahkan rekor baru sebagai tim pertama dalam sejarah Premier League yang berada di urutan kedelapan pada Hari Natal, untuk kemudian keluar sebagai juara.

Sumber : Detik/Twitter

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel