Vaksinasi di Puskesmas Balai, Terkendala Pendaftaran. Total Keselurahan 3000 Vaksin

349
Salah satu warga mengikuti program vaksinasi massal di Puskesmas Balai, Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (26/5/2021). (Foto : Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Sejak dimulainya vaksinasi massal pada Rabu 19 Mei 2021 lalu, Puskesmas Balai, Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau terus menggalakkan vaksinasi massal yang diprogramkan dari pemerintah pusat tersebut.

Kepala Puskesmas Balai, Surawan menjelaskan, untuk terget vaksinasi bagi masyarakat Kecamatan Balai sendiri sesuai dengan vaksin yang ada.

“Untuk vaksin AstraZeneca saat ini 245, jadi sekitar 2.450 vaksin, sehingga total keseluruhan mencapai 3000 dengan sisah vaksin Sinovac yang lama,” terang Surwan kepada WARTAKEPRI, Rabu (26/5/2021).

Dan untuk sepekan ini, kata Surawan Puskesmas Balai fokus pada vaksinasi AstraZeneca.

“Saat ini kami fokus pada vaksinasi Astrazeneca,” ungkap Surawan.

Untuk kendala selama dilaksanakannya program vaksinasi ini, menurutnya pada pendaftaran. Dimana masyarakat kurang respon terhadap kegiatan vaksinasi ini.

“Oleh kerena itu, kemarin kita lakukan dengan melibatkan pihak Kelurahan, dan memang masyarakat yang mendaftarkan tidak begitu ramai,” paparnya.

Oleh karena itu, Surawan mengungkapkan setelah dibuka melalui pendaftaran via online, masyarakat sangat antusias dan ramai untuk mendaftarkan vaksinasi.

“Dan Alhamdulillah pendaftaran melalui via online masyarakat antusias banyak yang mendaftarkan,” sebut Surawan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, salah satu warga bernama Winda (27) sangat senang dirinya dapat divaksin AstraZeneca.

“Khawatir juga dengan kondisi seperti ini, banyak warga terpapar COVID-19, dan memang anjuran dari pemerintah agar dapat mengikuti program vaksinasi massal ini,” ujar Winda.

Dirinya juga mengatakan, sebelum di vaksin, terlebih dahulu dicek (periksa) oleh dokter. Dan dokter menyampaikan agar tidak boleh mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda, sekaligus diterangkan beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah menerima vaksin AstraZeneca, seperti nyeri, gatal, atau memar di area suntikan, sakit kepala dan tidak enak badan (terasa lelah).

“Saya baru pertama kali divaksinasi, dan Alhamdulillah biasa-biasa saja, dan segera konsultasikan kepada dokter jika mengalami reaksi alergi setelah vaksinasi,” tandasnya.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel