Sekjen Kominfo Nyatakan Widyaiswara Miliki Peran Penting Dalam Pengembangan ASN

12

WARTAKEPRI.co.id – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba menyatakan pejabat fungsional widyaiswara memiliki peran penting dlam pengembangan aparatur sipil negara (ASN). Keberadaan Pejabat Fungsional Widyaiswara Utama mempunyai peran yang sangat penting dalam pengembangan kompetensi untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) ASN.

Peran penting itu, menurut Sekjen Kementeran Kominfo, secara tegas diatur dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 22 Tahun 2021 tentang Jabatan Widyaiswara dan angka kredit yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Mei 2021.

BACA JUGA: Dinas Kominfo Batam Siapkan Layanan Streaming YouTube Nuzulul Qur’an 1442 Hijriah

“Widyaiswara merupakan jabatan fungsional yang mempunyai tanggung jawab dan wewenang untuk memdidik, mengajar dan melatih ASN pada lembaga pelatihan pemerintah,” ujarnya dalam Pelantikan Widyaiswara Utama yang berlangsung di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (04/06/2021).

Sekjen Mira menyampaikan apresiasi kepada Usuluddin, yang sebelumnya menjabat Kepala Pusdiklat Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, yang kini menjadi Pejabat Fungsional Widyaiswara Ahli Utama

“Jabatan itu diamanahkan kepada Usuluddin yang dinilai telah memenuhi persyaratan dan membuktikan mampu mencapai target tertinggi sebagai seorang Pejabat Fungsional Ahli Utama,” ungkapnya.

Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan pelantikan ini dimaknai dari sudut pandang kepentingan organisasi. “Pencapaian tertinggi, di samping sebagai sebuah pengakuan terhadap prestasi, juga menuntut Saudara untuk membina Widyaiswara Pertama dan Madya sehingga kelak mereka nanti mampu mengemban tugas menjadi penerus dalam pengembangan kompetensi untuk ASN,” paparnya.

Dengan dilantiknya jabatan Widyaiswara Utama ini, diharapkan dapat lebih membantu terciptanya sitem dan program-program pembelajaran yang lebih baik dan professional dalam pengembangan kompetensi bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kominfo. “Terutama di di Tahun 2021 ini untuk target Digital Talent Scholarship sejumlah 100.000 peserta,” ujar Sekjen Mira.(kominfo)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM