Tim Pusterad Lakukan Kunker Ke Karimun, Bupati Dukung Program Teritorial Wilayah Perbatasan

218
Sinergitas bersama TNI Angkatan Darat, melalui program TMMD sangat efektif untuk memperbaiki insfrastruktur sekaligus memupuk jiwa kegotongroyongan di tengah masyarakat Bumi Berazam. (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Dengan terjalinnya sinergitas antara TNI Angkatan Darat (TNI-AD) bersama Pemkab Karimun guna membatu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan di daerah terpencil, menjadi fokus utama kedatangan Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) TNI-AD di Kabupaten Karimun.

Percepatan pembangunan tersebut diantaranya meliputi pelaksanaan kegiatan TMMD dan Karya Bhakti Mandiri.

Hal inilah yang mendasari silaturahmi
Kabag Jementer Sdirsismet Pusterad Letkol Inf T. Yoppy Chandra Atmaja beserta rombongan dengan komponen masyarakat di wilayah Kabupaten Karimun, Kamis (12/8/2021).

Kabag Jementer Sdirsismet Pusterad Letkol Inf T Yoppy Chandra Atmaja turut serta didampingi oleh Kabag Organisasi Sdirsismet Pusterad Mayor Arm Sujadi, Pasi Bakti Sterem 033/WP Mayor CHB. Suriman, Bamin Jementer, Sdirsismet Pusterad Serka Wahyudi.

Komandan Kodim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto menginginkan adanya kerjasama yang baik, sekaligus saran dan masukan dari tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) TNI AD di Kabupaten Karimun.

Dandim berharap, agar seluruh masyarakat Kabupaten Karimun dapat bersama-sama memutus mata rantai penyebaran COVID-19, sebagai upaya mendukung penuh program pemerintah.

“Pada kesempatan ini mari kita bersama- sama mengikuti aturan dan ketentuan pemerintah, dengan mematuhi protokol kesehatan,” kata Dandim Agus.

Dimana menurutnya, untuk kondisi wilayah binaan seperti Babinsa sendiri, ditambah dengan jumlah personil, mengingat wilayah Kabupaten Karimun sangat luas.

“Dengan banyaknya pulau yang tersebar,” ujarnya.

Selain itu Dandim menambahkan, ada beberapa program yang telah dilaksanakan. Diantaranya dengan adanya program kegiatan Babinsa agar mendukung dan membantu masyarakat dalam merenovasi rumah tidak layak huni.

“Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat tidak mampu,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, kata Dandim permasalahan yang paling signifikan yakni pandemi COVID-19 dan perekonomi.

“Perekonomian sangat turun drastis,” paparnya.

Dandim menambahkan, guna meningkatkan rasa nasionalisme serta lebih mengedepankan jiwa patriotisme, sekaligus meningkatkan bela negara guna mengabdi kepada nusa dan bangsa.

“Kabupaten Karimun merupakan wilayah perbatasan sekaligus sebagai daerah transit, sehingga mampu mengedepankan keamanan di wilayah Kepulauan Riau,” tandasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kabag Jementer Sdirsismet Pusterad Letkol Inf T Yoppy Chandra Atmaja menyampaikan ucapan terima sekaligus mengapresiasi kepada Dandim 0317/TBK Yang Telah memfasilitasi dan mendukung terlaksananya kegiatan Pusterad bidang sistem dan metode ini.

“Sesuai Perkasad nomor 26 tahun 2019, Pusterad merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes AD yang berkedudukan langsung dibawah Kasad,” terang Letkol Inf T Yoppy Chandra Atmaja.

Menurutnya, dengan memiliki tugas pokok dengan menyelenggarakan pembinaan fungsi teknis teritorial serta membantu menyelenggarakan OMP dan OMSP, dalam rangka mendukung tupoksi TNI-AD.

“Selaku pembina fungsi teknis teritorial, Pusterad melalui bidang sistem dan metode mempunyai kewajiban untuk dapat melaksanakan asistensi terhadap kemantapan dan kemampuan Kodim diseluruh Jajaran TNI-AD,” pungkasnya.

Sehingga besar harapan kedepannya seluruh satuan jajaran TNI-AD, memiliki kemantapan sekaligus kemampuan yang seimbang, dengan tuntutan tugas di wilayah.

“Dan yang paling terpenting yakni, mampu memberikan masukan dan saran kepada Pusterad, selaku LKT teritorial, baik itu secara formal maupun informal, guna memudahkannya, silahkan menghubungi Pusterad di nomor telepon 021-8457068,” tandasnya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menaruh harapan besar, agar kondisi teritorial yang ada saat ini akan lebih baik lagi dengan sinergitas TNI-AD bersama pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat di wilayah Kabupaten Karimun.

“Kami ingin selalu bersinergi dengan TNI AD, dalam mengatasi seluruh Pekerjaan Rumah (PR), dengan membenahi infrastruktur di wilayah Kabupaten Karimun, dengan meningkatkan peran serta seperti TMMD, karena menurut kami program TMMD sangat efektif untuk memperbaiki insfrastruktur sekaligus memupuk jiwa kegotongroyongan di tengah masyarakat kita,” ungkap Bupati Aunur Rafiq.

Bupati mengharapkan dengan sinergitas yang sudah berjalan dengan baik ini, dapat lebih ditingkatkan. Karena pembangunan tidak akan mampu dilakukan sendiri.

“Harus dengan adanya sinergitas, sesuai dengan salah satu penggerak pembangunan, yakni Azam peningkatan ekonomi yang berdimensi kerakyatan,” sebut Bupati.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel