Tips Wisata Aman di Bali Selama Pandemi

792
Wisata Bali Traveloka
Wisata Bali/Traveloka

BALI menjadi salah satu destinasi favorit yang dikunjungi oleh wisatawan bahkan saat pandemi berlangsung. Namun, wisata di Bali juga menetapkan aturan dan protokol kesehatan yang ketat juga lho.

Salah satu syaratnya adalah telah menjalani vaksinasi dan adanya hasil tes PCR atau rapid antigen. Jangan lupa untuk selalu cek informasi penerbangan ke Bali terbaru apabila Anda berencana liburan ke pulau Dewata.

Terapkan juga protokol kesehatan yang ketat supaya bisa berlibur dengan aman dan nyaman di Bali. Berikut adalah tips berwisata dengan aman di Bali selama PPKM Level 4 dilaksanakan.

1. Kunjungi Wisata Alam
Mengunjungi wisata di luar ruangan adalah tips yang pertama untuk dapat berwisata dengan aman saat di Bali. Pilihlah wisata alam yang menerapkan protokol kesehatan, seperti adanya area cuci tangan dan pengecekan suhu.
Hal ini dikarenakan virus Covid-19 diyakini ditularkan lewat udara yang kurang baik sirkulasinya. Contohnya di ruangan tertutup dan menggunakan AC secara terus menerus.

PKP HIMALAYA

Oleh karena itu, akan sangat baik sekali apabila Anda memilih lokasi wisata yang ada di alam terbuka. Anda bisa memilih berwisata ke pantai yang cantik sebab Bali sendiri dikenal dengan aneka pantainya yang mempesona.
Walaupun lokasi wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, Anda juga harus tetap mengenakan masker dan membawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi.

2. Pilih Glamping atau Stay di Villa
Supaya lebih aman selama liburan di Bali di masa pandemi, Anda bisa mempertimbangkan untuk glamping atau stay di villa. Selain liburan Anda terkesan lebih privat, glamping dan stay di Villa bisa dibilang lebih aman ketimbang harus menginap di hotel yang rentan bertemu dengan orang banyak.

Banyak sekali pilihan glamping dan stay di villa yang bisa Anda pilih di Bali. Beberapa tempat favorit yang memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk lokasi glamping adalah Nusa Penida, Uluwatu, dan seputaran pantai Nyang-nyang.

Silakan pilih yang paling cocok buat Anda, dan ingat untuk senantiasa menjaga jarak walaupun ada di area glamping dan villa.

3. Keliling Bali dengan Sewa Mobil
Bisa dibilang Bali belum memiliki sistem transportasi umum selengkap kota-kota besar di Jawa dan Sumatera. Terlebih daerah wisata yang satu dan yang lain cukup jauh apabila ditempuh dengan berjalan kaki.

Pilihan terbaik saat berwisata ke Bali adalah menyewa mobil pribadi. Selain lebih aman karena lebih personal, juga mengurangi frekuensi bertemu orang lain yang bisa mengakibatkan kerumunan.

Gunakan jasa penyewaan mobil yang terpercaya dan pastikan bahwa sopir dan vendor juga menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Liburan akan semakin menyenangkan apabila sopir mobil bisa memberikan banyak informasi terkait lokasi wisata yang akan kita kunjungi ataupun rute terpendek menuju tempat wisata.

Seringkali sopir juga memberikan rekomendasi tempat wisata yang sesuai dengan hobi kita selama kunjungan wisata ke Pulau Bali, walaupun itu tidak ada dalam daftar wisata kita. Seru sekali, kan!

4. Pilih Hotel dengan Fasilitas yang Lengkap
Salah satu hal yang tak kalah krusial selama berwisata di Bali adalah kelengkapan fasilitas. Hal ini dikarenakan liburan sendiri identik dengan rehat dan menghilangkan penat. Adanya fasilitas yang lengkap dan memadai tentunya hal yang menjadi nilai plus saat kita mencari hotel untuk menginap.

Fasilitas itu antara lain kamar mandi yang nyaman dan memiliki fitur air panas. Kemudian kolam renang, tempat berolahraga, hingga restoran dengan hidangan lezat yang bisa dine in secara privat untuk menghindari kerumunan. Tak lupa juga siaran TV internasional dan WIFI.

Anda mungkin juga mau mempertimbangkan hotel yang memiliki fasilitas pantai pribadi sehingga Anda tak perlu jauh-jauh menuju lokasi wisata pantai untuk menikmati sensasi matahari terbit ataupun tenggelam.
Fasilitas lain yang kerap diburu oleh para wisatawan adalah lokasinya yang strategis dengan tempat wisata yang hendak dikunjungi. Segera lengkapi ceklist hotel idaman Anda, dan temukan melalui aplikasi pencari hotel.

5. Berjemur untuk Meningkatkan Vitamin D
Pulau Dewata bisa dibilang adalah tempat yang paling pas untuk meningkatkan kandungan vitamin D dalam tubuh. Vitamin ini disinyalir berperan besar dalam meningkatkan imun tubuh serta membasmi virus-virus yang menyerang tubuh.

Anda bisa berjemur di pantai-pantai cantik atau bahkan di rooftop tempat Anda menginap semasa liburan di Bali. Usahakan untuk menikmati cahaya matahari minimal 15 menit setiap harinya.

Apabila Anda tidak sempat berjemur karena padatnya aktivitas liburan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D untuk meningkatkan kadar vitamin ini dalam tubuh. Namun, sayang sekali kan apabila Anda tidak bisa berjemur selama berlibur ke daerah secantik Bali. Sempatkanlah menjaga imunitas tubuh dengan menikmati sinar matahari sebelum melakukan aktivitas liburan lainnya.

6. Jaga Kondisi Badan dengan Vitamin dan Olahraga
Walaupun liburan, tidak berarti kegiatan olahraga dan mengonsumsi vitamin sebagai suplemen kesehatan harus libur juga kan. Malah saat liburan kondisi Anda harus senantiasa fit dan terjaga lho.

Upayakan untuk selalu olahraga di fasilitas tempat menginap, minimal tiga kali seminggu. Jangan lupa untuk minum vitamin penambah imun badan, seperti Vit. C dan zinc supaya kondisi tetap prima.

Menaikkan imun tubuh juga bisa dilakukan dengan senantiasa bahagia dan menjauhkan berita-berita negatif di masa liburan kita. Liburan juga bisa menaikkan imun tubuh karena membuat hati senang dan bahagia.

Mau ke Bali untuk liburan? Beli tiketnya lewat Traveloka Lifestyle SuperApp saja. And abis asekalian booking hotel atau villa untuk staycation asuransi perjalanan, tes Covid-19 hingga sewa mobil dengan mudah.Jangan lupa update informasi penerbangan ke Bali paling baru agar tidak gagal liburan ya.(*)

Editor : Redaksi

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel