Satpolairud Laksanakan Pengawasan Terhadap 487 Penumpang Kapal Kelud Asal Jakarta

257
Jajaran Polres Karimun melalui Satpolairud bersama Stakeholder terkait lainnya, akan terus berupaya melakukan kegiatan penyekatan dan pengawasan di perairan dan pelabuhan, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. (Foto: Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Jajaran Satpolairud Polres Karimun, akan terus berupaya melakukan penyekatan dan pengawasan di perairan dan pelabuhan, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Sabar Binsar Samosir, saat memeriksa sekaligus melakukan penyekatan terhadap kedatangan 487 penumpang KM Kelud yang masuk melalui pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun dari Tanjung Priok, Jakarta.

Dirinya mengungkapkan, pengawasan mobilitas para penumpang dari luar Karimun, guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19, dan menekan jumlah kasus sekaligus memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Jajaran Satpolairud Polres Karimun bersama Stakeholder terkait lainnya, melakukan giat dengan sasaran penumpang kapal Kelud yang tidak melengkapi dokumen, baik syarat perjalanan yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat dan Kaupaten Karimun, maupun persyaratan lainnya,” terang Iptu Binsar Samosir, Minggu (22/8/2021).

PKP HIMALAYA

Binsar menambahkan, dengan menggunakan kapal patroli KP XXXI-30-2001, personel Satpolairud Polres Karimun mengawasi kedatangan KM Kelud yang sedang berlabuh jangkar.

“Satu persatu para penumpang kapal Gandha Nusantara 07 dan 08, yang merupakan armada sarana pengangkut penumpang dari KM Kelud ke pelabuhan, juga tidak luput mendapat pengawasan dari personel Satpolairud,” paparnya.

Dirinya menegaskan, protokol kesehatan dan pendisiplinan para penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan kapal laut.

“Penyekatan dan pengawasan penumpang atau masyarakat bukan hanya terkait kedatangan KM Kelud saja, tetapi juga seluruh kapal yang datang dari luar Karimun,” tandasnya.

Selanjutnya ungkap Binsar, apabila terdapat penumpang yang tidak melengkapi surat dokumen yang telah ditentukan, maka akan diproses oleh pihak berwenan, Dinas Kesehatan Kepelabuhan.

“Maka selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan dipelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, dan menjalani pemeriksaan oleh petugas kesehatan pelabuhan,” tandasnya.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel