Kapolri Listyo Sigit Mutasi 3 Kapolda, Mantan Kapolda Sumsel jadi Koorsahli Kapolri

214

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit melantik sejumlah Kapolda baru pada Selasa (31/8/2021). Sejumlah pejabat yang dilantik yakni Irjen Pol Rudy Sufahriady jadi sebagai Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggantikan jabatan Irjen Pol Abdul Rakhman Baso yang menjadi Pati Korbrimob Polri (dalam rangka pensiun).

Selain itu, Irjen Pol Eko Indra Heri yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Selatan, kini menjabat Koorsahli Kapolri. Sedangkan, yang menggantikan posisinya itu yakni Irjen Pol Toni Hermanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat.

Lalu, untuk posisi Irjen Toni sendiri digantikan oleh Irjen Pol Teddy Minahasa yang sebelumnya menjabat sebagai Sahlijemen Kapolri.

“Jadi di dalam kesempatan itu bapak Kapolri menyampaikan bahwa yang pertama mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kapolda maupun pejabat lama, terutama Kapolda Sulteng yang telah mendedikasikan sampai diujung pengabdiannya untuk mengelola Sulawesi Tengah hingga bisa dikatakan kondusif ya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (31/8/2021).

BACA JUGA Jenderal Pol Listyo Sigit Resmi Kapolri ke 26, Taukah Anda Ada Kapolri Menjabat Kurang Tiga Bulan

“Kemudian juga kepada Koorsahli menyampaikan bahwa untuk membantu bapak Kapolri dalam menentukan kebijakan-kebijakan strategis dengan nanti bisa memberikan masukan-masukan kepada Bapak Kapolri,” sambungnya.

Selain itu, untuk Pati Polri lainnya yang baru saja menjabat sebagai Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sulteng, Sumbar dan Sumsel untuk tetap melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Pencegahan Covid yang harus kita turunkan ya dengan berbagai upaya dan kemudian juga tidak lupa selain melaksanakan penanggulangan Covid adalah Harkamtibmas itu tugas pokok Polri yang tidak boleh dikesampingkan,” jelasnya.

“Namun ini menjadi tuntutan, menjadi bagian daripada tugas Kapolda yang baru untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat baik itu Kamtibmas maupun penanggulangan Covid-19, itu intinya yang disampaikan bapak Kapolri kepada pejabat lama dan baru berkaitan dengan serah terima jabatan dan pelantikan Koorsahli,” sambungnya.

Lalu, terkait dengan Irjen Rudy Sufahriadi yang kembali menjadi orang nomor satu di lingkungan Polri yang berada di Sulawesi Tengah itu disebutnya sudah menguasai peta yang ada di sana.

“Yang penting bahwa tadi hanya dua yaitu untuk penanggulangan Covid dan Harkamtibmas. Saya kira sama, berkaitan dengan yang di Palu, terutama Kapolda Sulteng, yaitu mantan Kapolda Sulteng juga saat itu masih tipe b dan kemudian beliau sudah menguasai dan memahami situsai karakteristik di Palu. Sehingga nanti ya tugas untuk melanjutkan Kapolda Sulteng untuk menangani kegiatan di Poso,” tutupnya. (*)

Sumber : Merdeka

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel