Satpolairud Tegah Kapal Kargo Salahi Prosedur Pelayaran, Bawa 37 Penumpang Tujuan Riau

Jajaran Satpolairud Polres Karimun telah mengamankan satu unit kapal speed boat SB.Tenggiri 99, saat membawa puluhan penumpang ilegal dari Kota Batam menuju Tanjung Buton, Provinsi Riau. (Foto : Ist)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Jajaran Satpolairud Polres Karimun telah mengamankan satu unit kapal speed boat SB. Tenggiri 99, saat membawa puluhan penumpang ilegal dari Kota Batam menuju Tanjung Buton, Provinsi Riau.

Penegahan puluhan penumpang ilegal tersebut saat berada di sekitar perairan pulau Parit, Tanjungbalai Karimun, Minggu (29/8/2021) pukul 17.00 WIB.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap kapal speed boat tersebut, petugas telah menemukan 37 penumpang ilegal yang terdiri dari 35 orang penumpang dewasa dan 2 orang penumpang anak-anak,” terang Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano melalui Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Sabar Binsar Samosir, Selasa (31/8/2021).

Binsar menambahkan, kapal kargo asal Tanjung Riau Kota Batam tersebut diamankan karena menyalahi prosedur pelayaran dengan tidak melengkapi dokumen yang sah, serta membawa puluhan penumpang ilegal, sekaligus tidak menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Kapal SB.Tenggiri 99 tersebut dipastikan melakukan pelanggaran karena membawa penumpang dan barang yang tidak dilengkapi dokumen yang sah dari Instansi terkait, serta ditemukan pelanggaran peraturan prosedur kesehatan atau PPKM level 3 yang berlaku di Kabupaten Karimun,” paparnya.

BACA JUGA One Village One Produk, Pesan Bupati Lingga Muhammad Nizar Kepada 75 Kades 2021-2027

Awalnya kata Binsar, Timnya sedang melakukan patroli rutin di perairan Selat Gelam dan Pulau Parit. Dan saat kapal berpatroli, telah ditemukan kapal SB.Tenggiri tersebut melaju dengan kecepatan tinggi, selanjutnya dilakukan pengejaran dan berhasil dihentikan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas berhasil menemukan para penumpang dan barang yang tidak dilengkapi dokumen sah,” ungkap Binsar.

Dengan penemuan secara ilegal tersebut, SB.Tenggiri dan seluruh crew kapal selanjutnya dibawa ke Pos Polairud Polres Karimun Kolong, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kepada seluruh penumpang beserta ABK dilakukan Swab Tes Antigen, guna memastikan kesehatan dari terjangkit COVID-19, dan kepada seluruh penumpang dikembalikan ke daerah asalnya masing-masing, dengan pengawasan ketat dari petugas” tandasnya.

Editor : Aman

FANINDO

Honda Capella