Bupati dan TNI Polri Turun Tracing ke Warga Ambil Paksa Jenazah COVID-19 di RSBT Karimun

305
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, melakukan tracing terhadap keluarga yang mengambil paksa jenazah Covid-19 di RSBT
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, melakukan tracing terhadap keluarga yang mengambil paksa jenazah Covid-19 di RSBT, Jum'at (3/9/2021). (Foto : Aman)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Aksi penjemputan paksa jenazah COVID-19 dari RSBT oleh pihak keluarga di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, berbuntut panjang.

Bupati Karimun Aunur Rafiq turut serta didampingi oleh Dandim 0317/TBK dan Kapolres Karimun beserta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, melakukan Tracing terhadap keluarga yang mengambil paksa jenazah Covid-19 di RSBT, pada Kamis malam (2/9/2021).

“Pada hari ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, telah melakukan Tracing terhadap keluarga yang kontak erat dengan Pasien COVID-19,” kata Bupati Jum’at (3/9/2021).

Hal ini tentunya guna mengantisipasi sekaligus memutus mata rantai penyebaran COVID-19, yang dikhawatirkan akan menyebar.

PKP HIMALAYA

BACA JUGA Warga Ambil Paksa Jenazah COVID-19 di RSBT, Bupati Karimun Melakukan Tracing Terhadap Keluarga Pasien

“Agar tidak menyebar kepada seluruh keluarga lainnya,” ungkap Rafiq.

Video Warga Saat Ambil Jenazah


Bupati juga menyampaikan permohonan maaf kepada pihak keluarga, karena terjadinya miskomunikasi antara pihak RSBT dengan pihak keluarga pasien.

“Karena komunikasi yang tidak menyambung kepada pihak keluarga, secara jelas, pihak keluarga meminta agar pemakaman jenazah diselenggarakan oleh pihak keluarga sendiri,” ungkap Rafiq.

Sehingga kata Rafiq terjadilah pengambilan paksa jenazah oleh pihak keluarga, dan sudah dilakukan pemakamannya pagi dini hari tadi.

“Oleh karena itu, selain Takziah kami juga menyampaikan duka cita yang mendalam, dan permohonan maaf atas penanganan jenazah ini,” paparnya.

Selain itu juga, kata Rafiq untuk memberikan rasa nyaman dan juga menjaga kesehatan pihak keluarga, Pemerintah Daerah telah menerjunkan Tim Tracing.

“Untuk kita lakukan testing kepada keluarga terdekat, kepada penyelenggara jenazah, agar kasus COVID-19 yang menimpa pasien tidak menyebar kepada pihak keluarga lainnya,” terang Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan, seluruh keluarga yang kontak erat dengan pasien, seluruhnya negatif.

“Hasilnya seluruh keluarga yang dilakukan Swab Antigen negatif,” tandasnya.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel