Danlanal Yovan Ardhianto Buka Pelatihan Uji Terampil Glagaspur di Mako Lanal Tarempa

106
Glagaspur Mako Lanal Tarempa
Danlanal Yovan Ardhianto Buka Pelatihan Uji Terampil Glagaspur di Mako Lanal Tarempa

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Lanal Tarempa (Kepulauan Anambas)_ 07/09/2021. Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S. E., M. Tr. Opsla secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur ( Glagaspur ) P-1 dan P-2 di Ruang Rapat Mako Lanal Tarempa Jl. Hangtuah, Kelurahan Tarempa, kecamatan Siantan, Kepulauan Anambas.

Pelaksanaan Uji Terampil Gladi tugas tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 dilaksanakan selama 2 hari mulai hari Selasa tanggal 07 September 2021 hingga hari Rabu tanggal 08 September 2021 oleh Tim Uji Terampil Gladi tugas tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 Komando Latihan Armada I dipimpin oleh Mayor Laut (P) Jaswadi bersama 4 orang termasuk staf dan anggotanya.

Dalam pembukaan Uji Terampil Gladi tugas tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2, Danlanal Tarempa menyampaikan beberapa kata sambutan diantaranya terimakasih dan saya ucapkan selamat datang Tim Uji Terampil Gladi tugas tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 Kolat Armada I di Lanal Tarempa.

Perlu diketahui bahwa penyelenggaraan kegiatan Uji Terampil Glagaspur P-1 dan P-2 ini sangat dibutuhkan oleh pangkalan karena hal ini merupakan tolak ukur dari kemampuan yang dimiliki oleh individu atau perorangan Prajurit serta kemampuan secara umum dalam kerjasama antara bagian satu dengan lainnya untuk melaksanakan peran-peran terkait dengan tugas pokok dari Pangkalan itu sendiri.

BACA JUGA Lanal Tarempa laksanakan Penanaman Fragmen Terumbu Karang di CRG di KBN Desa Batu Belah

” Kita harus siap menghadapai segala bentuk ancaman, baik yang datangnya dari luar maupun dari dalam, sehingga kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan secara rutin dan berkala,” ujarnya. 

Selanjutnya Danlanal Tarempa berharap kepada Tim Uji Terampil Gladi tugas tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 agar dapat melaksanakan pengujian dengan baik serta memberikan bimbingan dan arahan kepada Prajurit Lanal Tarempa apabila terdapat kekeliruan dan kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan.

Sehingga kedepan diharapkan dengan adanya kegiatan ini Lanal Tarempa akan menjadi lebih baik dan dapat melaksanakan tugas secara maksimal tanpa keragu-raguan, mengingat dari segi geografis, Lanal Tarempa berbatasan langsung dengan negara lain yang tidak menutup kemungkinan terjadi konflik.

“Uji Terampil Gladi tugas tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 ini bertujuan untuk mewujudkan standarisasi kemampuan personel dan satuan yang profesional, handal dan disegani guna mendukung tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut baik dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara mapun dalam pelaksanaan tugas penegakaan kedaulatan di laut,” pungkasnya.

Adapun materi dalam Uji Terampil Gladi tugas tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 oleh Tim penilai dari Komando Latihan Koarmada I (Kolat Koarmada I) terhadap para Prajurit Lanal Tarempa yaitu PBB bersenjata, Isyarat Bendera (Semaphore), Tali temali dan Peluit, PDD khas TNI Angkatan Laut, Bongkar pasang senjata laras panjang jenis SS1 dan pistol jenis G2.

Latihan Pertahanan Pangkalan yang meliputi Latihan Peran Tempur bahaya Udara, Peran Kebakaran dan Penindakan Huru Hara, selesai Ishoma dilanjutkan dengan Menembak senjata laras panjang jenis SS1 dan pistol jenis G2 bertempat di lapangan tembak Lanal Tarempa di Desa Tarempa selatan serta Renang Militer di perairan Tarempa.

Pelaksanaan Uji Terampil Gladi tugas tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 oleh Tim penilai dari Komando Latihan Koarmada I (Kolat Koarmada I) terhadap para Prajurit Lanal Tarempa berjalan dengan aman dan lancar serta dalam pelaksanaannya tetap mentaati protokol kesehatan. (@pen_lanaltarempa).

Kiriman: Rama

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel