Pengaman Pembangunan Strategis Nasional, Kejaksaan Negeri Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum

57
Kejaksaan Tinggi Kepri menggelar sosialisasi penerangan dan penyuluhan hukum. ASN dapat memahami apa yang menjadi hak, kewajiban, tanggung jawab dan wewenangnya. (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Setelah sebelumnya kerjasama dalam bantuan hukum melalui pendandatangan nota kesepahaman, antara Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun dengan pihak Kejaksaan Negeri Karimun, kali ini digelar sosialisasi penerangan dan penyuluhan hukum di wilayah Kabupaten Karimun.

Hal ini tentunya guna menjalin sinergi antara Pemkab Karimun dengan Kejaksaaan Negeri terkait kesadaran hukum terus berlanjut.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Hari Setiyono menjelaskan bahwa, Kejaksaan Tinggi saat ini menggelar kunjungan kerja sekaligus sosialisasi penerangan dan penyuluhan hukum di wilayah Kabupaten Karimun.

“Dalam hal ini pengaman pembangunan strategis nasional,” terang Hari seusai sosialisasi penyuluhan yang digelar di Ball Room Padimas, lantai 7 Hotel Aston, Tanjungbalai Karimun, Senin (13/9/2021).

Dirinya juga akan melaksanakan serangkaian kegiatan pada kesempatan kunjungan kerjanya tersebut.

“Salah satunya memberikan arahan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Karimun yang baru saja dilantik, agar dalam menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Hari juga menyampaikan ucapan terima sekaligus mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, yang telah memanfaatkan situasi dan kondisi dengan baik.

“Mengapresiasi Pemkab Karimun, atas bantuan dan kerjasama yang telah terjalin sehingga dapat diteruskan dan dilanjutkan kembali kepada seluruh Dinas, dalam program sosialisasi dan penyuluhan Hukum di wilayah Kabupaten Karimun.

“Kerjasama ini kita harapkan dapat meningkatkan pemahaman hukum, sehingga tercipta kesadaran dan kepatuhan hukum melalui penerangan hukum dan pembinaan hukum,” paparnya.

Hari berharap akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance), khususnya pada aspek kepatuhan terhadap tata aturan hukum yang berlaku.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengungkapkan bahwa, penyuluhan hukum merupakan salah satu bentuk preventif dalam mengurangi pelanggaran hukum.

“Sekaligus mencegah tindak pidana korupsi,” kata Rafiq.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Bupati berharap agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) memperoleh informasi hukum.

“Sehingga permasalahan hukum yang ada di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Karimun, dapat dilakukan cegah tangkal secara bersama-sama,” ujarnya.

Oleh karena itu Bupati sangat mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kejaksaan Tinggi Kepri dan Kejaksaan Negeri Karimun, yang telah memberikan pemahaman kepada para ASN.

“Seluruh peserta menjadi paham dan menambah pengetahuan hukum, dari materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga ASN dapat memahami apa yang menjadi hak, kewajiban, tanggung jawab dan wewenangnya,” ungkap Rafiq.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel