Gandeng BNNK dan Koramil, Rutan Razia Sekaligus Cek Urine WBP Secara Acak

159
Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun gelar sidak. Bentuk komitmen, wujud sinergitas antar lembaga sebagai upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun. (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Rumah Tahanan Kelas IIB, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau kembali melakukan sidak (razia) gabungan dan tes urine yang diperuntukkan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (15/9/2021).

Dalam razia gabungan tersebut, seluruh petugas Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun diterjunkan, dibantu oleh anggota TNI dari Koramil 01 Teluk Air dan juga BNN Karimun.

“Razia yang rutin dilaksanakan ini guna meminimalisir para WBP melakukan tindak kejahatan, sekaligus agar Rutan karimun bersih dari narkoba,” terang Kepala Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Dody Naksabani.

Dari hasil tes urine yang dilakukan secara acak, kata Dody seluruh WBP negatif.

“Ahamdulillah negatif semua, tidak ada yang menguntungkan barang haram narkoba,” kata Dody.

Hanya saja Dody tidak menampik, masih saja ada beberapa peralatan yang membahayakan, diantaranya berupa sendok besi sebanyak 18 buah, kaleng besi 5 buah, mancis (korek api) gas 11 buah, kartu remi 1 slot, kartu somino 1 set, amplas 1 buah, botol kaca 14 buah, kayu tajam 3 buah, gunting 1 buah, serta tali pinggang kulit 2 buah.

“Seluruh barang berhasil diamankan dan selanjutnya akan dimusnahkan,” paparnya.

Dody menambahkan, sehingga razia ini juga guna mencegah dan meminimalisir benda ataupun barang-barang larangan dan berbahaya di dalam Rutan.

“Demi menjaga keamanan dan ketertiban Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun, sidak (razia) ini akan kami lakukan secara rutin,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, ungkap pria hobi koleksi vespa klasik ini, kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan perjanjian kerja sama antar instansi penegak hukum.

“Bentuk komitmen, merupakan wujud sinergitas antar lembaga sebagai upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun,” pungkasnya.

Aman

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel