Ketegangan Jokowi Nonton Indonesia Juara Piala Thomas 2020 dan Tidak Berkibarnya Merah-Putih

220

DENMARK – Indonesia merebut trofi Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan Cina 3-0 pada partai final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Ahad malam 17 Oktober 2021 waktu Indonesia. Sukses Jonatan Christie cs itu mendapatkan perhatian dari Presiden Jokowi.

Melalui akun resmi instagramnya, Jokowi mengucapkan selamat kepada seluruh tim Thomas Indonesia. Dia mengunggah video momen terakhir pertandingan Jonatan Christie vs Li Shi Feng yang membuat Indonesia menang 3-0.

“Ketegangan menyaksikan keseruan laga final Piala Thomas 2020 malam ini akhirnya berubah jadi kegembiraan begitu Jonatan Christie melompat, mengepalkan tangan, dan berteriak girang di akhir gim ketiga. Indonesia juara!” tulis Jokowi dalam keterangan video itu.

“Piala Thomas akhirnya kembali ke Indonesia setelah penantian 19 tahun lamanya.”

“Dari tanah air, saya menyampaikan selamat kepada seluruh atlet bulutangkis Indonesia dan para pelatih yang telah berjuang dan mengharumkan nama bangsa di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.”

Indonesia meraih Piala Thomas 2020 setelah Jonatan Christie yang turun pada partai ketiga memetik kemenangan pada laga tiga gim 21-14, 18-21, 21-14 atas Li Shifeng dalam waktu 1 jam 21 menit.

Diawali Anthony Ginting

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting membuka kemenangan Indonesia dengan menaklukkan Lu Guang Zu dalam tiga gim 18-21, 21-14, 21-16. Ganda putra yang turun pada partai kedua, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, menumbangkan pasangan baru Cina He Ji Ting/Zhou Hao Dong dalam dua gim langsung 21-12, 21-19.

Menang 3-0

Dua partai lainnya, yakni antara ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo / Daniel Marthin kontra Liu Cheng / Wang Yi Lyu dan tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito menantang Weng Hong Yang tak dipermainkan karena Indonesia sudah memastikan kemenangan dengan skor 3-0 tersebut.

Foto Istimewa/ Detikcom

Ironi Bendera Merah Putih

Keluar sebagai juara Piala Thomas dan menyudahi penantian 19 tahun. Tapi terlihat ironis. Indonesia tak bisa mengibarkan Merah-Putih di podium tertinggi.

Tiga poin itu dipersembahkan oleh Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie.

Ini jadi gelar Piala Thomas pertama buat Indonesia sejak 2002 silam. Kala itu, tim bulutangkis putra Indonesia menang 3-2 atas Malaysia di Guangzhou, China.

Gelar juara di Denmark kali ini sekaligus menambah koleksi Indonesia di Piala Thomas menjadi 14 titel. Tim Merah-Putih unggul dari China yang mengoleksi 10 gelar juara.

Ironisnya, Indonesia justru tak bisa mengibarkan bendera kebanggaan Merah-Putih usai mengakhiri puasa gelar selama 19 tahun. Seperti diketahui, Indonesia dijatuhi sanksi oleh Badan Antidoping Dunia (WADA).

Sebabnya adalah Indonesia tidak patuh dalam menerapkan program pengujian yang efektif. Indonesia pun tidak bisa menjadi tuan rumah kejuaraan regional hingga dunia selama penangguhan, selain juga tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite.

Indonesia masih diperbolehkan ikut pertandingan-pertandingan di kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, tapi tak boleh membawa nama dan mengibarkan bendera negara selain di ajang Olimpiade.

Alhasil, usai Jonatan Christie memastikan kemenangan, Indonesia naik podium pertama dengan iringan bendera PB PBSI.(*)

Sumber : Instgram/Tempo/Detik

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel