Penggemar Mendesak Agar Disney Hadirkan Putri Disabilitas

162
Disney (foto net)

WARTAKEPRI.co.id – Para penggemar tampaknya mulai bosan dengan deretan putri Disney yang bertubuh langsing dan putih. Film seperti Moana dan Raya and the Last Dragon menjadi langkah yang sangat dibutuhkan menuju keragaman putri Disney.

Namun masih banyak penggemar yang ingin melihat diri mereka terwakili dalam salah satu warisan Hollywood yang paling mengesankan. Kini, para penggemar mendesak Disney untuk menciptakan karakter putri penyandang disabilitas. Hal ini juga mendapat dukungan dari banyak selebritas, termasuk aktris Reese Witherspoon.

Seorang advokat dan penulis disabilitas berusia 21 tahun, Hanna Diviney, telah membuat petisi di laman Change.org untuk mendorong Disney menciptakan karakter putri disabilitas ke dalam daftar kerajaan mereka. Warga asli Australia yang menderita cerebral palsy dan menggunakan kursi roda itu, dengan cepat mendapatkan dukungan dari hampir 50 ribu orang di Change.org, termasuk dari Reese Witherspoon.

“Saya menulis pesan ini kepada Anda sebagai seorang wanita muda yang selalu menyukai film-film Disney tetapi tidak pernah melihat dirinya sendiri di dalamnya. Menciptakan putri disabilitas akan membuka kesempatan yang tak ternilai kepada jutaan anak di seluruh dunia untuk melihat diri mereka memiliki pertualangan, kehidupan, dan pahlawan. Disney harus menyediakan referensi yang kuat bagi anak non-disabilitas untuk memahami kehidupan kami,” kata Diviney dalam petisinya seperti dilansir di laman Cinemablend, Rabu (20/10).

Perusahaan media milik Reese Witherspoon, Hello Sunshine, juga menampilkan Hannah Diviney untuk International Day of the Girl. Hello Sunshine bekerja sama dengan Missing Perspectives, sumber berita feminis interseksional yang saat ini dijalankan oleh Hannah Diviney sebagai co editor in chief, untuk meneruskan petisi ihwal putri Disney disabilitas tersebut.

Setelah ditampilkan di Hello Sunshine, petisi dari Hannah Diviney pun kian ramai didukung oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Selain Reese Witherspoon, selebritas lainnya yang menandatangani petisi adalah aktor pemenang Emmy Award, Sterling K Brown; dan Victoria’s Secret Angel, Martha Hunt.

Sangat mudah bagi orang-orang yang sering melihat diri mereka terwakili di media untuk mengabaikan poin-poin Hannah Diviney. Namun, cerita yang diperlihatkan anak-anak memiliki dampak besar pada pandangan dunia dan harga diri mereka. Karakter dalam film Disney dengan disabilitas fisik atau mental sering digambarkan sebagai penjahat atau sahabat karib.

Versi kecantikan yang sangat kebarat-baratan sering kali identik dengan kebaikan, sementara penyimpangan fisik apa pun dari pola itu dianggap “buruk”. Meski contoh-contoh kecil disabilitas yang positif telah menyelinap ke dalam film-film Disney teranyar seperti ayah Giulia, Massimo, di film Luca. Namun, penciptaan karakter seorang putri penyandang disabilitas sebagai tokoh utama atau pahlawan akan memberi representasi nyata.

Putri Disney yang disabilitas bukanlah obat mujarab. Tetapi jika karakter seperti itu dapat membuat anak disabilitas merasa lebih baik dan menerima diri mereka sebagai anugerah, tentunya itu akan sepadan dengan usaha.(republika)

DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA