Hari HAM Internasional BEMNUS dan GPPI Kampar Gelar Demo di Depan Balai Bupati

796
Hari HAM Internasional BEMNUS dan GPPI Kampar Gelar Demo di Depan Balai Bupati. (Photo: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KAMPAR – Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional, gabungan mahasiswa Kampar, Provinsi Riau, yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kampar Peduli HAM (ALMARHAM), menggelar aksi demontrasi di depan Balai Bupati Kampar, Jumat, (10/12/2021).

Aksi demontrasi tersebut dihadiri sejumlah aliansi mahasiswa di antaranya Gerakan Pemuda Patriotik Indonesia (GPPI),
dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIE Bangkinang.

Koordinator lapangan sekaligus Koordinator BEM Nusantara daerah Riau, M. Alif Fadillah, menyampaikan aksi ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa Kampar terhadap kasus HAM.

“Aksi kali ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap kasus-kasus kejahatan HAM yang terjadi di Riau, terkhusus di Kabupaten Kampar,” kata Alif.

“Seperti perampasan tanah masyarakat dan tidak adanya jaminan kesehatan hingga upah layak untuk para buruh harian lepas di Kabupaten Kampar juga bentuk sebuah kejahatan HAM, dan tidak ada langkah kongkrit dari Pemkab Kampar untuk menyelesaikan permasalahan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Umum Altan Alhadat, menyampaikan bahwa Sila kelima dari Pancasila harus diterapkan, dan bukan hanya kata-kata semata.

“Kita harus kembali berpedoman kepada Pancasila, lalu menerapkan Sila kelima tersebut, dan bukan hanya sebagai kata kata semata, tujuh tahun kepemimpinan Joko Widodo dan belum ada satupun kasus pelanggaran HAM berat yang terselesaikan,” ucap Altan.

Koordinator perempuan Nurfitriani juga menyampaikan seluruh pelaku kejahatan seksual harus ditindak tegas, dan diberikan hukuman yang seberat-beratnya.

“Hari ini kita menuntut kepada seluruh pejabat pemerintah dan kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas seluruh bentuk kejahatan seksual yang marak terjadi di Indonesia,” kata dia. (r/rama)

DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA