Saripudin Terpilih Jadi Ketua PANAA Se-Indonesia

55
Saripudin Terpilih Jadi Ketua PANAA Se-Indonesia . (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat para perantau nagari berkreasi. Mereka sepakat membentuk satu organisasi induk yang diberi nama Persatuan Anak Nagari Aia Angek (PANAA) sekitar dua bulan yang lalu, atau tepatnya pada Rabu, 24 November 2021.

Sebelum pemilihan ketua, Saripudin sudah sering diminta oleh perantau maupun orang di kampung untuk mendirikan suatu organisasi sosial di tanah perantauan, terutama di wilayah Jabodetabek.

PANAA ini mempunyai filosofi dari senjata panah. Seperti yang diketahui bersama, kegiatan memanah mengandung banyak manfaat, baik fisik maupun pisikologi, sebagaimana dianjurkan Rasulullah SAW.

Saripudin yang terpilih sebagai ketua, mengatakan PANAA hadir sebagai pemersatu anak nagari, khususnya yang berasal dari Nagari Aia Angek di Provinsi Sumatera Barat.

“PANAA ini terdiri dari 4 unsur
meliputi manusianya, busurnya, anak panahnya, dan sasarannya,” kata Saripudin.

Untuk unsur manusianya, lanjut Saripudin, apapun yang dipegang oleh manusia yang adil, Insya Allah tidak akan menimbulkan kerusakan melainkan berupaya meberikan manfaat bagi orang lain sebanyak-banyaknya.

Sedangkan busurnya,
bagaikan wadah tempat bersatu, berkomunikasi, bermusyawarah untuk menyelesaikan suatu masalah, atau menyusun program-program yang akan direalisasikan untuk kemajuan kampung halaman.

Sasarannya, sambung dua, adalah semua yang direncanakan atau diprogramkan, beroriantasi kepada kampung halaman yang sama-sama dicintai.

“Anak panah, inilah yang disebut program atau tujuan berorganisasi,” demikian Saripudin menguraikannya. (ril)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA