Gabungan Pemuda Peduli Lingga Demo di Lokasi Tambang PT LUG, Ini Tuntutannya

Gabungan pemuda peduli Lingga gelar aksi damai di lokasi tambang PT LUG. (Foto: Ravi)
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Gabungan pemuda peduli Lingga melakukan aksi damai di lokasi tambang batu granit PT Lubuk Utama Granit (LUG), Rabu (19/1/2022) pagi tadi. Mereka menuntut kejelasan kompensasi masyarakat yang belum dibayarkan pihak perusahaan.

Aksi ini dilakukan menyusul adanya pergantian direksi dan pertemuan sepihak manajemen baru perusahaan yang tidak melibatkan masyarakat tempatan Kampung Tanjung Dua Desa Selayar, Kabupaten Lingga.

Pihak perusahaan dianggap sudah mempermainkan hak-hak masyarakat, dan mencoba untuk membuat keputusan secara sepihak yang ingin membatalkan kesepakatan bersama yang sudah terjalin selama ini dengan masyarakat, dengan alasan yang tidak jelas.

Untuk itu, dalam aksi gabungan pemuda peduli Lingga yang terdiri dari KNPI, HNSI, Pemuda Pancasila, Perpat dan Melayu Raya tersebut, terdapat 6 poin tuntutan yang disampaikan. Berikut tuntutannya;

1. Mempertanyakan persetujuan bangunan gedung (PBG).
2. Meminta klarifikasi kepada pihak perusahaan yang mengatakan masyarakat telah memeras PT LUG baik secara lisan maupun secara tertulis
3. Tidak komitmennya perusahan terhadap kompensasi bagi masyarakat
4. Meminta dihadirkannya direktur yang lama dan direktur yang baru
5. Meminta kepada pemerintah Kabupaten Lingga untuk mengkaji ulang terhadap proses izin PT LUG, dan
6. Meminta segala aktivitas PT LUG dihentikan sementara

“Mari kita bergerak dengan keinginan seluruh masyarakat Selayar, serta pihak-pihak terkait untuk kejelasan hak kita dengan keberadaan perusahaan tersebut. Kita tidak menghalangi bagi siapapun yang ingin berinvestasi di Kabupaten Lingga, tentunya harus mengikuti aturan dan prosedur dan menghormati adat istiadat serta kearifan lokal di wilayah Bunda Tanah Melayu,” ucap salah satu peserta aksi saat berorasi.

Aksi ini berjalan aman, lancar dan tertib dengan dilakukan pengamanan oleh pihak Polres Lingga melalui Polsek Daik Lingga yang dihadiri langsung Kapolsek, Kasat Intel Polres Lingga, Camat Selayar, Babinsa Selayar, dan Kapolsubsektor Polsek Daik Lingga beserta personel. (ravi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News