Bidpropam Tertibkan Pemasangan Rotator, Strobo hingga Sirine Kendaraan Dinas Polda Kepri

542
Bidpropam Tertibkan Pemasangan Rotator, Strobo hingga Sirine Kendaraan Dinas Polda Kepri. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Menindaklanjuti instruksi Kapolri yang tertuang dalam STR Kapolri Nomor: STR/26/I/HUK.12.10./2022, Bid Propam Polda Kepri terus melakukan penertiban dan pendisiplinan terhadap kelengkapan kendaraan dinas Polri maupun pribadi dalam menggunakan lampu isyarat Strobo, ataupun Rotator dan Sirine yang tidak sesuai peruntukkannya. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, Senin (14/2/2022).

Bid Propam Polda yang dipimpin langsung oleh PS Kasubbid Provos Juleigtin Siahaan beserta seluruh personel Subbidprovos Bidpropam Polda Kepri melakukan pengecekan terhadap semua kendaraan dinas di pintu masuk Mapolda Kepri.

“Satu-persatu pengecekan dilakukan guna memastikan semua kendaraan dinas sesuai prosedur dan ketentuan sebagaimana diatur dalam UU Lalu Lintas pasal 59 ayat (5) tentang penggunaan lampu isyarat Strobo maupun Rotator dan Sirine,” kata Harry.

Harry menyebut Kompol Juleigtin Siahaan dalam pemeriksaan menemukan 15 kendaraan dinas yang tidak sesuai ketentuan. Hasil dari pemeriksaan ini dilakukan penindakan berupa penilangan dan proses Garplin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan lampu isyarat Strobo, Rotator dan Sirine pada kendaraan dinas maupun pribadi, serta mengingatkan anggota Polri untuk tidak menggunakan Strobo dan Sirene di luar kepentingan dinas sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Harry.

Harry mengatakan anggota Polri wajib menjaga ketertiban dan kedisplinan diri sebelum menjaga ketertiban masyarakat. “Setelah itu baru memberikan perlindungan, mengayomi, membina sekaligus memberikan contoh teladan kepada masyarakat,” tutupnya. (r/rama)

Honda Capella

FANINDO