24-31 Maret 2022, Layanan Online SIAK Disdukcapil Batam Ditutup

Layanan Online SIAK Disdukcapil Batam Ditutup
24-31 Maret 2022, Layanan Online SIAK Disdukcapil Batam Ditutup

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil Batam, menutup sementara pelayanan online Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ). Hal ini dikarenakan adanya proses migrasi data dan perubahan dari sistem SIAK Terdistribusi/Daerah ke sitem SIAK Terpusat.

“Layanan online Disdukcapil Batam sementara dinonaktifkan untuk tanggal 24 – 31 Maret 2022. Nantinya akan ada online terpusat. Jadi selama masa peralihan Disdukcapil Batam hanya menerima berkas saja secara offline,” ucap Heryanto, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Selasa (22/32022).

Heryanto mengatakan, penerapan SIAK Terpusat dimulai Maret hingga Juli 2022 dengan dilakukan proses migrasi data dan perubahan dari sistem SIAK tersebut.

Sementara itu, berjalannya proses migrasi data tersebut akan berakibat pada menurunnya kualitas layanan, serta tidak aktifnya pelayanan online melalui web dan aplikasi http://disducapilbisa.batam.go.id./ yang selama ini bisa diakses masyarakat.

BACA JUGA Disdukcapil Batam Siapkan Layanan Online Whatsapp 081270200432 Untuk Urus KTP Elektronik

Sistem akan kembali normal pada 1 April 2022, dimana layanan sudah kembali normal dengan sistem online terpusat / SIAK Terpusat dan semua pengurusan di Disdukcapil Batam dilakukan secara offline.

Sebagai informasi, sistem SIAK merupakan suatu sistem informasi yang disusun berdasarkan prosedur dan memakai standarisasi khusus yang bertujuan menata sistem administrasi kependudukan, sehingga tercapai tertib administrasi di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, dan database kependudukannya berada di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Diketahui, Kota Batam bersama 450 Kota dan Kabupaten lain di 34 Provinsi di Indonesia melakukan pengalihan SIAK Terpusat tersebut.

“Pengalihan sistem SIAK Terpusat diharapkan nantinya akan memudahkan masyarakat dalam mengakses dokumen administrasi kependudukan,” pungkas Heryanto. (Yusuf Riadi)

FANINDO

Honda Capella