Gua Pulau Impol di Anambas Pemikat Wisatawan Lokal dan Mancanegara

528
Gua Pulau Impol di Anambas Pemikat Wisatawan Lokal dan Mancanegara
Gua Impol di Jemaja Barat, Anambas. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Badan Informasi Geospasial (BIG) telah melaporkan adanya tambahan 229 pulau di Indonesia dari tahun 2020. Gazette Republik Indonesia mencatat ada sekitar 16.771 pulau di Indonesia terdata pada tahun tahun 2020, salah satunya Pulau Impol di Kecamatan Jemaja Barat, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dari ribuan jumlah pulau yang ada di Indonesia, ada salah satu pulau terindah di ujung utaranya Indonesia. Namanya Pulau Impol. Di pulau ini terdapat gua yang terhubung langsung dengan air laut. Pemandangannya sangat indah, dan pastinya disukai semua wisatawan baik lokal maupun mancanegara jika berada di tempat ini.

Gua Impol terletak di tebing atau tepian bukit yang terjal penuh dengan bebatuan nan indah. Bebatuan ini berada persisi di sebelah utara gua yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter tersebut.

Honda Capella

Tidak ada akses jalan darat maupun udara menuju Gua Impol. Namun, lokasi ini bisa didatangi dengan menggunakan transportasi laut milik nelayan sekitar. Bisa dari Kusik maupun dari Pantai Padang Melang, bahkan bisa langsung dari Kota Letung Kecamatan Jemaja.

BACA JUGA Banyak Coretan..Youtuber Jeddah Alman Malyana Review Kondisi Kekinian Goa Jabal Tsur Mekkah

Gua Impol tersebut memiliki karakteristik yang unik, bahkan mungkin satu-satunya yang ada di Indonesia. Gua ini agaknya wajib dikunjungi dan dikenalkan kepada masyarakat luas, agar objek-objek wisata Anambas, khususnya objek wisata Desa Impol diketahui secara umum oleh masyarakat luar, baik Indonesia maupun luar negeri.

Gusdi Munandar salah satu pemuda yang secara terus menerus mempromosikan wisata Anambas ini memperkenalkan kepada publik bahwa Gua Impol memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Bahkan, Gusdi berharap nantinya wisatawan yang berkunjung ke Anambas diperkenalkan dan diajak ke gua tersebut.

“Gua Impol ini memiliki keindahan yang luar biasa, pasti para wisatawan menyukai pemandangan baik di dalam gua maupun di luar gua, mudah-mudahan Gua Impol nantinya menjadi tujuan objek wisata terpopuler di seluruh Indonesia,” kata Gusdi kepada Wartakepri, Rabu (23/3/2022).

Gua Impol sendiri dikabarkan oleh Gusdi memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Di depan gua tersebut terdapat gugusan terumbu karang yang indah, serta keindahan tersebut tidak lengkap jika kejernihan air laut yang ada di sekitar gua tidak terjabarkan. Selain itu, gua ini juga bisa dimasuki oleh para wisatawan.

“Gua ini memiliki kedalaman sekitar 15 meter, dan bisa sekitar 5 sampai 10 orang masuk ke dalam gua tersebut, mari kita berwisata ke Gua Impol, semoga informasi ini bisa menyebar ke seluruh dunia,” tutupnya. (rama)

FANINDO