Syarat Terbaru Naik Kapal Pelni, Efektif April 2022

Pelni
Kapal Pelni. (Foto: Pelni)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni turut memberlakukan syarat baru bagi penumpang kapal yang berlaku efektif per 4 April 2022.

Syarat baru perjalanan domestik dengan transportasi laut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas penanganan Covid 19 Nomor 16 Tahun 2022 dan mengacu pada SE Menhub Nomor 37 tahun 2022.

Kepala Pelni Cabang Batam Kapten Agus menyebutkan penumpang Kapal Pelni yang sudah mendapatkan vaksin booster tidak perlu lagi menunjukan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR.

“Kami melaksanakan apa yang sudah ditetapkan pemerintah, penumpang yang telah mendapat vaksin lengkap booster tak perlu lagi menujukan hasil PCR atau antigen lagi,” ucap Kapten Agus kepada Wartakepri Rabu (6/4/2022).

BACA JUGA Syarat PCR-Antigen Dihapus, Humas Dumai Express Group: Tanda Ekonomi Mulai Bangkit

Kapten Agus mengatakan, calon penumpang yang menerima vaksin dosis kedua tetap mensyaratkan tes Covid-19 dengan hasil negatif. Baik antigen dengan sampel diambil dalam waktu 1 x 24 jam, atau PCR 3 x 24 jam. 

Namun, bila calon penumpang baru menerima dosis pertama tetap mensyaratkan tes PCR dalam kurun 3 x 24 jam.

“PCR atau antigen dosis satu atau dosis dua harus melampirkan hasil negatif,” ucap Kapten Agus.

Dia menambahkan, bagi pemudik yang belum mendapat vaksin karena kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid, wajib melampirkan hasil negatif RT PCR 3 x 24 dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa calon penumpang kapal Pelni yang berusia dibawah 6 tahun saat ini diperkenankan melakukan perjalanan dengan pendamping dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Selain syarat ini, pemudik wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi, wajib mengisi E-HAC pada aplikasi peduli lindungi dan wajib menerapkan serta mematuhi protokol kesehatan selama dalam perjalanan.

“Jika penumpang ingin melakukan perjalanan tanpa tes antigen atau PCR, pastikan segera melakukan vaksin. Selama perjalanan di atas kapal, protokol kesehatan akan tetap kami jalankan,” tutup Kapten Agus. (Yusuf Riadi)

FANINDO

Honda Capella